Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Eksistensi SD Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dalam pelaksanaan program tahfiẓ Al-Qur’an

Adawiyah, Robiyatul (2010) Eksistensi SD Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dalam pelaksanaan program tahfiẓ Al-Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 310 952.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (833kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh eksistensi Sekolah Islam Terpadu yang dalam konsepnya berupaya mengembalikan paradigma dan aplikasi pendidikan yang selama ini cenderung dikotomi – terpisahnya satu dimensi dengan dimensi yang lain. Perannya tidak hanya sebatas mentransfer knowledge, membina akhlak siswa, skill dan leadership-nya, tapi juga berupaya ‘melahirkan’ intelektual yang cinta dan hafal al-Qur’an. Banyak lembaga pendidikan yang terjebak dalam arus modernisasi yang lebih mementingkan pencapaian adaptasi terhadap perubahan zaman. Secara tidak tersadari menjauhkan siswa-siswinya dari al-Qur’an. SD Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan menetapkan tahfiẓ al-Qur’an sebagai program dari kurikulum pendidikan Islam yang mesti dilaksanakan. Akan tetapi, SD ini masih menargetkan satu juz, berbeda dari konsep kurikulum SD Islam Terpadu secara umum yang menargetkan dua juz. Sehingga ditetapkanlah fokus kajian dalam penelitian ini; bagaimana eksistensi SD Islam Terpadu Nurul ’Ilmi Padangsidimpuan dalam pelaksanaan program tahfiẓ al-Qur’an, bagaimana metode yang diterapkan, kendala yang dihadapi dan upayanya dalam pelaksanaan program tahfiẓ al-Qur’an di SD Islam Terpadu Nurul ’Ilmi Padangsidimpuan. Berdasarkan fokus kajian penelitian di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi SD Islam Terpadu Nurul ’Ilmi Padangsidimpuan dalam pelaksanaan program tahfiẓ al-Qur’an, metode yang diterapkan dalam tahfiẓ al-Qur’an, kendala yang dihadapi dan upayanya dalam pelaksanaan program tahfiẓ al-Qur’an di SD Islam Terpadu Nurul ’Ilmi Padangsidimpuan. Adapun metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan sesuai dengan fakta secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, selection, dan menginterpretasi data atau mengambil kesimpulan. Dengan meneliti eksistensi SD Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Padngsidimpuan dalam pelaksanaan program tahfiẓ al-Qur’an, metode yang digunakan, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya dan upaya mengatasinya, dapat disimpulkan bahwa SD Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan dalam pelaksanaan program tahfiẓ al-Qur’an cukup eksis. Hal ini dapat dilihat dari urgensitas program tahfiẓ al-Qur’an di SD Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi yang cukup baik, keadaan tahfiẓ al-Qur’an siswa SD Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi yang cukup baik, dan tanggapan orangtua dengan pelaksanaan program tahfiẓ al-Qur’an yang positif dan mendukung. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program tahfiẓ al-Qur’an diklasifikasikan sesuai dengan tingkat usia dan kemampuan. Adapun kendala yang ditemui dalam pelaksanaannya di antaranya, sukarnya siswa mempertahankan hafalan, in-put atau latar belakang siswa yang berbeda, kurangnya efektivitas pelajaran iqra’, dan kurangnya guru tahfiẓ dan alokasi waktu pelaksanaan tahfiẓ al-Qur’an. Kemudian, upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang ditemui berupa, mengupayakan penyajian pembelajaran tahfiẓ al-Qur’an lebih menarik, melibatkan guru bidang studi lainnya dalam men-takrir hafalan al-Qur’an siswa, melibatkan peran orangtua secara aktif, meningkatkan efektivitas pelajaran iqra’ dengan penambahan guru iqra’, dan mengoptimalkan tahfiẓ al-Qur’an satu juz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA dan H. Ali Anas Nasution, Lc. MA.
Keywords: Eksistensi; Sekolah Islam; Tahfiẓ Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:15
Last Modified: 04 Dec 2020 03:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6163

Actions (login required)

View Item View Item