Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan

Ningsih, Fitria (2010) Pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 310 934.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (606kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja jenis teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, bagaimana pola pemanfaatan teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, bagaimana kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dan Apa kendala-kendala yang dihadapi oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dalam memanfaatkan teknologi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja jenis teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, untuk mengetahui pola pemanfaatan teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan, untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dalam memanfaatkan teknologi pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan field research (riset lapangan) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa jenis-jenis teknologi pendidikan yang ada di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan ada 3 jenis. Pertama, dilihat dari karakteristiknya terdiri dari media grafis, media audio dan media proyeksi diam. Media grafis yang tersedia di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan adalah gambar/foto, poster, peta dan globe, papan buletin/majalah dinding, papan tulis dan bahan cetak. Media audio terdiri dari radio, tape recorder dan laboratorium bahasa. Kemudian media proyeksi diam adalah overhead projector (OHP). Kedua, dilihat dari daya liputnya terdiri dari televisi dan CD film. Ketiga, dilihat dari bahan serta cara pembuatannya ada yang sederhana dan kompleks. Teknologi pendidikan yang sederhana telah diungkapkan terdahulu, selain itu ada teknologi pendidikan berupa model atau benda nyata seperti boneka dan beberapa mesin, diantaranya adalah mesin accounting, mesin hitung manual, mesin cash register dan mesin penghancur kertas. Teknologi pendidikan yang kompleks terdiri dari komputer PC 110 unit, komputer laptop 30 unit, komputer server 1 unit, infocus 2 unit dan LCD 5 unit. Pola pemanfaatan teknologi pendidikan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Padangsidimpuan sudah baik karena telah memanfaatkan teknologi pendidikan di dalam situasi kelas dan di luar situasi kelas. Kemampuan guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dalam memanfaatkan teknologi pendidikan dapat dapat dikatakan cukup baik. Kendala pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dapat dikategorikan kepada 2 (dua) hal, yaitu kendala internal dan kendala eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Teknologi Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:08
Last Modified: 04 Dec 2020 03:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6161

Actions (login required)

View Item View Item