Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola pembinaan kepribadian siswa Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan

Siregar, Irma Suryani (2009) Pola pembinaan kepribadian siswa Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 310 898.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (669kB)

Abstract

Skiripsi ini berjudul ”Pola Pembinaan Kepribadian Siswa Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pembinaan kepribadian siswa Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan, apa saja peluang dan tantangan dalam pembinaan kepribadian siswa tersebut, dan bagaimana kepribadian siswa Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Setelah penelitian dilakukan dapat diketahui bahwa pola pembinaan kepribadian siswa Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan sudah bagus. Ini dapat dilihat dari kepribadian para siswa/i yang islami. Adapun yang mendukung keberhasilan dalam membina kepribadian siswa tersebut adalah: a. Faktor pembina asrama yang yang bisa dijadikan uswah, sabar, optimis, lemah lembut, dan cerdas intelektual dan sipritualnya. b. Faktor siswa yakni siswa yang berada di Islamic Boarding school benar-benar orang terpilih c. Pihak yayasan sangat mendukung pembinaan-pembinaan yang dilakukan di Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi d. Motivasi orang tua Adapun tantangan dalam Membina kepribadian Siswa Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan adalah: a. Pembina asrama tidak terjamin tinggal tetap di asrama. b. Keterbatasan pembina asrama c. Ketidaksiapan siswa d. Kurangnya motivasi orang tua e. Kurang kerja sama antara orang tua dan pihak pembina asrama, artinya anak sudah benar-benar dibina di asrama, tapi sampai dirumah, orang tua tidak bisa melanjutkan pembinaan tersebut. Sebenarnya pembinaan kepribadian di Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi sangat bagus, sehingga pembinaan ini bisa jadi masukan dan contoh bagi sekolah-sekolah lain khususnya sekolah yang ada di Padangsidimpuan. Akan tetapi kalau dilihat kurvanya, prestasi yang diraih Islamic Boarding School Nurul ‘Ilmi baik dalam bidang intelektual maupun kepribadian sudah menurun. Adapun yang melatarbelakanginya adalah faktor guru, yakni sudah banyak guru-guru yang tidak bisa dijadikan uswah dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya cara berpakain, lebih islami lagi pakaian siswa dibanding beberapa guru. Selain itu, sebagian besar guru-guru tersebut tidak bisa lagi mengintegrasikan ilmu dan wahyu, sebagaimana yang sudah pernah dilakukan guru-guru terdahulu. Selanjutnya, kalau yang dulunya aktif ta’dib (halaqah) setiap sekali seminggu, akan tetapi sekarang sudah mulai molor, artinya tidak diprioritaskan lagi. Sementara ta’dib ini sangat berpengaruh dalam pembinaan kepribadian siswa. Selain itu, beberapa pembina asrama yang baru kurang dekat dan kurang perhatian dengan siswa/i, sehingga para pembina tidak tahu apa masalah-masalah yang dihadapi siswa/i di asrama. Dari uraian diatas diharapkan kepada pihak yayasan dan pihak sekolah supaya lebih menyeleksi guru-guru yang akan masuk ke Nurul /Ilmi. Kepribadian guru atau pembina asrama harus diprioritaskan daripada yang lain. Karena guru dan pembina asrama itu harus jadi figur dan uswah bagi siswa/i. Kalau tidak, maka prestasi Nurul ‘Ilmi tidak akan lama bisa dipertahankan. Selain itu pihak yayasan/pihak sekolah harus mempertegas kode etik guru dan pembina asrama di Nurul ‘Ilmi baik secara tertulis apalagi secara praktek, sehingga apabila ada yang melanggar/menyalahi atau yang tidak melaksanakan tugasnya dengan benar harus diberi sanksi sesuai dengan tingkat kesalahan yang ia lakukan. Menurut peneliti kalau hal-hal diatas diperhatikan, insya Allah prestasi Nurul ‘Ilmi akan bisa dipertahankan dan bahkan lebih meningkat sehingga bisa memberikan sumbangsih yang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di kota Padangsidimpuan khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Baharuddin, M.Ag. dan Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA
Keywords: Pembinaan; Kepribadian
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:08
Last Modified: 03 Dec 2020 03:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6149

Actions (login required)

View Item View Item