Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan

Kartianisah, Kartianisah (2009) Kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
04 310 706.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Kehidupan Beragama Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana gambaran kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan, apa upaya yang diterapkan dalam membina kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan, apa faktor penghambat dan pendukung pembinaan kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan. Berdasarkan masalah ini maka tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan, untuk mengetahui upaya yang diterapkan dalam membina kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembinaan kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan. Untuk menelaah permasalahan ini, peneliti menggunakan alat penelitian dengan observasi, wawancara, angket, untuk mengetahui kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan. Berdasarkan penelitian ini, maka diperoleh hasil penelitian bahwa kehidupan beragama siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan masih kurang baik. Disebabkan masih kurang pengamalan beragama siswa dan pembinaan kehidupan beragama oleh guru pimpinan Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan juga faktor penghambat dalam membina kehidupan beragama sangat berpengaruh dan faktor pendukung masih kurang dalam pembinaan tersebut. Hal ini disebabkan adanya faktor yang mempengaruhi siswa baik faktor dari diri siswa itu sendiri, faktor upaya pembinaan kehidupan beragama oleh guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan, dan faktor pendukung dan penghambat pembinaan kehidupan beragama. Dalam penelitian ini kehidupan beragama Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan yang teliti ialah pengamalan ibadah rutin kesadaran hukum, etika sosial, pakaian. Pengamalan ibadah rutin siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan masih kurang pengamalannya ini dilihat dari data siswa, peneliti menganalisis kurangnya pengamalan ibadah rutin siswa disebabkan dari diri siswa itu sendiri yang malas mengamalkannya hanya terkadang-kadang yang diamalkan siswa, kemalasan siswa ini juga disebabkan kurangnya perhatian orang tua di rumah, sibuk dengan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sekolah siswa, dan bagi guru yang akan mendidik siswa di sekolah untuk membina kehidupan beragama siswa dan guru ialah sebagai pendidik ke dua setelah orang tua, maka guru dibebankan tanggung jawab untuk mendidik siswa, sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat. Disini guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsdimpuan upaya pembinaan kehidupan beragama kurang konsisten dalam pembinaan tersebut. Kemudian juga faktor dari teman siswa juga sangat mempengaruhi siswa untuk terbinanya kehidupan beragama. Selanjutnya, dari penyebab ini masih kurangnya kehidupan beragama siswa, maka peneliti dapat memberikan solusi untuk terbinanya kehidupan beragama siswa maka diharapkan kepada siswa untuk lebih menghayati dan mengamalkan ajaran agama di dalam kehidupan ini, apabila siswa dapat menghayati dan mengamalkannya kehidupan beragama siswa akan meningkat, kemudian kepada guru lebih konsisten untuk membina kehidupan beragama siswa karena itu sudah tanggungjawab oleh seorang guru. Kepada orang tua adanya perhatian lebih kepada anaknya untuk lebih mudah pembinaan kehidupan beragama anak di sekolah dan di masyarakat. Dan kepada teman siswa harus dapat saling mempengaruhi kearah yang positif dalam rangka pembinaan kehidupan beragama siswa. Kesadaran hukum siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan masih kurang pelaksanaannya, siswa sering melaksanakan pelanggaran hukum. Hal ini disebabkan kurang pembinaan dan guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan tidak cukup dengan mengingatkan tetapi lebih cocok dengan pembiasaan, faktor dari orang tua juga sangat mempengaruhi tidak cukup dari guru di sekolah saja tetapi orang tua juga berperan sekali dalam membina kesadaran hukum si anak. Begitu juga kepada teman siswa sangat memberikan pengaruh kepada siswa. Maka peneliti dapat memberikan solusinya agar siswa memahani hukum agama yang tidak bisa dilanggar dan guru harus mengupayakan semampu mereka untuk membina kesadaran hukum siswa agar siswa memiliki pemahaman terhadap hukum agama dan tidak mau melanggar aturan tersebut. Begitu juga kepada teman siswa, diantara siswa saling memberikan contoh yang baik terhadap sesama agar tercipta suasana yang kondusif. Etika sosial siswa, etika ini menyangkut kelakuan terhadap sesama manusia. Dalamm beretika sosial siswa ini masih kurang beretika sesama siswa, sering berkelahi dan mengatakan perkataan tidak sopan sesama siswa. Dan hal ini disebabkan pembinaan oleh guru di sekolah belum terlaksana dengan baik, walaupun upaya pembinaan kehidupan beragama di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan adanya upaya saling tegor menegor diantara siswa dengan mengucapkan salam apabila berjumpa begitu juga kepada guru. Dengan pembinaan ini diharapkan tercipta kerukunan yang baik sesama siswa dan kepada guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan, kemudian orang tua pun tidak lepas dari tanggungjawab tersebut. Dan lingkungan berteman juga sangat berpengaruh, dari semua ini peneliti dapat memberikan solusi bahwa untuk membina kehidupan beragama siswa dengan pelaksanaan beretika sosial siswa memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru umum dan agama yang menyangkut cara beretika begitu juga kepada guru lebih gigih lagi untuk mengajarkan dan mendidik siswa dengan materi tersebut. Apabila hal ini terlaksana dengan baik akan terwujud sikap beretika sosial siswa. Dalam berpakaian menutup aurat siswa belum terlaksana, siswa hanya menutup aurat di lingkungan sekolah, di luar sekolah siswa jarang menutup aurat. Ini disebabkan tidak ada perhatian orang tua siswa dan guru yang menerapkan didikan terhadap siswa sebagai pengganti orang tua murid. Berpakaian menutup aurat ini haruslah ada perhatian oleh guru dan orang tua terutamanya di rumah agar siswa memahami pentingnya menutup aurat. Dari paparan ini semua dapatlah menjadi bahan pertimbangan untuk perbaikan diri dan sebagai pengetahuan terhadap masalah penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Baharuddin, M.Ag dan Drs. Abdul Sattar Daulay, M.Ag
Keywords: Kehidupan beragama siswa; Madrasah Tsanawiyah Negeri Padangsidimpuan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:03
Last Modified: 03 Dec 2020 03:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item View Item