Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pembelajaran integrasi bidang studi agama dan umum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan

Siregar, Nuryanti (2009) Penerapan pembelajaran integrasi bidang studi agama dan umum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 310 853.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (629kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul : “Penerapan Pembelajaran Integrasi Bidang Studi Agama dan Umum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi ilmu pengetahuan yang dikotomis yang sudah mendapat perhatian dari para cendikiawan muslim dengan munculnya sekolah Islam Terpadu yang menerapkan model pembelajaran integratif. Sehingga muncul permasalahan dalam penelitian ini. Bagaimana penerapan pembelajaran integrasi bidang studi agama dan umum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan. Bagaimana kendala yang dihadapi guru dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala guru dalam menerapkan pembelajaran integrasi bidang studi agama dan umum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran integrasi bidang studi agama dan umum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan, kendala yang dihadapi guru dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran integrasi bidang studi agama dan umum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada responden, observasi dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang ada di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan. Pengolahan data dilakukan dalam bentuk analisis kualitatif deskriptif, sebab penelitian ini bersifat non hipotesis yang tidak menggunakan rumus statistik. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran integrasi bidang studi agama dan umum di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan sudah bisa dikatakan cukup baik. Karena penerapan pembelajaran integrasi yang dilakukan sudah melalui tataran konsepsional, institusional, operasional dan arsitektural. Hal tersebut diharapkan mampu melahirkan manusia yang selalu berfikir dan berzikir dalam setiap aktivitasnya. Dengan kata lain mampu melahirkan generasi pembelajar yang berakhlak mulia. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran integrasi bidang studi agama dan umum yaitu kurangnya kompetensi guru, kurangnya referensi, kurangnya dana dan orang tua yang masih terkesan kaku melihat model pembelajar integratif. Oleh karena itu dilakukan berbagai upaya dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi yaitu kebijakan-kebijakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan dan memberi stimulant kepada guru untuk selalu meningkatkan kompetensi diri, dan juga menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah, masyarakat dan sekolah Islam terpadu lainnya untuk mengatasi kurangnya dana dan referensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd
Keywords: Pembelajaran Integrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:51
Last Modified: 03 Dec 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6145

Actions (login required)

View Item View Item