Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pelaksanaan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak

Harahap, Tiasrida (2009) Problematika pelaksanaan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 310 825.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (385kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Problematika Pelaksanaan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah prinsip-prinsip yang diperhatikan guru dalam pelaksanaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak, apakah masalah yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak, dan apakah upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah penggunaan metode yang mereka hadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak. Berdasarkan masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang diperhatikan guru dalam pelaksanaan metode pembelajaran di Pesantren Purbasinomba Padang Bolak, untuk mengetahui problematika yang di hadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan metode pembelajaran di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak,dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pelaksanaan metode yang mereka hadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak, yang sumber datanya adalah guru-guru Pendidikan Agama Islam yaitu guru Akidah Akhlak, Bahasa Arab, Fikih dan Qur’an Hadist dan kepala sekolah Pesantren Purbasinomba Padang Bolak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Instrument pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Setelah penelitian ini dilaksanakan dapat diketahui bahwa hal-hal yang diperhatikan guru dalam pemilihan metode pembelajaran di Pesantren Purbasinomba Padang Bolak adalah materi pembelajaran, kemampuan guru,dan fasilitas yang tersedia. Problematika yang di hadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan metode pembelajaran di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak adalah masalah sarana dan prasarana yang kurang memadai dan latar belakang pendidikan guru Pendidikan Agama Islam itu sendiri, dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pelaksanaan metode yang mereka hadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Purbasinomba Padang Bolak adalah merangkum materi yang akan disampaikan sebelum memulai proses pembelajaran, memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak, mengutamakan guru-guru yang alumni pendidikan dan keguruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muslim Hasibuan, M.A. dan Dr. Magdalena, M.Ag.
Keywords: Metode Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Dec 2020 02:43
Last Modified: 03 Dec 2020 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6144

Actions (login required)

View Item View Item