Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan aljabar di kelas VII siswa MTs Negeri 3 Labuhanbatu

Nasution, Hamidah (2020) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan aljabar di kelas VII siswa MTs Negeri 3 Labuhanbatu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak hal yang dapat menghambat kemampuan belajar siswa, bahkan sering terjadi kegagalan dalam proses belajar mengajar yang ditandai dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini dapat kita lihat dari nilai hasil belajar siswa yang kurang memuaskan, ini menunjukkan bahwa prestasi belajar yang diraih siswa jauh dari apa yang diharapkan itu dikarenakan banyak siswa yang memilih diam dalam belajar karena pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sangatlah kurang. Ketika diberikan soal-soal latihan siswa kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut. Dengan demikian peneliti meyakini bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan memakai model pembelajara kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di kelas VII siswa MTs Negeri 3 Labuhanbatu?Bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan memakai model pembelajaran konvensional di kelas VII siswa MTs Negeri 3 Labuhanbatu?Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar Matematika pada pokok bahasan aljabar di kelas VII siswa MTs Negeri 3 Labuhanbatu? Sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Matematika yang diajarkan memakai model pembelajara kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), hasil belajar siswa yang diajarkan memakai model pembelajaran konvensional dan Pengaruh yang signifikan pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar Matematika pada pokok bahasan aljabar di kelas VII siswa MTs Negeri 3 Labuhanbatu Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 86 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa di kelas VII-B dan 20 siswa di kelas VII-D dengan menggunakan tes berbentuk uraian yang berjumlah 5 soal materi aljabar. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan Two Stay Two Stray dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan Two Stay Two Stray pada materi aljabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Sehat Sultoni Dalimunthe, S.Ag, MA
Keywords: Two Stay Two Stray; Hasil Belajar Matematika; Aljabar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:50
Last Modified: 02 Dec 2020 03:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6139

Actions (login required)

View Item View Item