Lintang, Luthfiah (2020) Perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan model pembelajaran pair checks pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs IB Silaping. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika kelas VII MTs IB Silaping pada materi Bilangan Bulat. Salah satu penyebabnya adalah saat proses pembelajaran guru belum memanfaatkan model pembelajaran yang tepat dan baik. Oleh karena itu diperlukan inovasi model pembelajaran yang sesuai dari guru agar mampu memberikan hasil belajar Matematika siswa yang lebih baik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match (2) Untuk mengetahui hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks (3) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dan model pembelajaran Pair Checks pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs IB Silaping. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs IB Silaping yang berjumlah 92 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII2 b sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII1 a sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah yang sama yaitu 16 siswa. Penentuan sampel ditentukan dengan non probability sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan untuk menguji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dengan nilai rata-rata 86,88 (2) Hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks dengan nilai rata-rata 80,56 (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dan model pembelajaran Pair Checks pada materi bilangan bulat dikelas VII MTs IB Silaping. Hal ini sesuai dengan perhitungan uji t yaitu diperoleh pada taraf signifikansi = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 = 16 + 16 – 2 = 30 dengan thitung = 2,433 dan ttabel = 2,042 ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Make a Match; Pair Checks, Bilangan Bulat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 03:37 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 03:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6137 |
Actions (login required)
View Item |