Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Swasta Baharuddin Kecamatan Angkola Muaratais

Harahap, Fadhillah Hayani (2020) Pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Swasta Baharuddin Kecamatan Angkola Muaratais. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi banyak faktor, salah satunya siswa kurang aktif dan fokus karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru harus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah model pembelajaran artikulasi. Model pembelajaran artikulasi ini melatih kemampuan berbicara siswa dengan belajar kelompok dan semua siswa berperan aktif dan membuat siswa fokus. Dengan menggunakan model pembalajaran artikulasi ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana hasil belajar siswa di kelas kontrol?, Bagaimana hasil belajar siswa di kelas eksperimen? dan Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Swasta Baharuddin?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas kontrol, mengetahui hasil belajar siswa di kelas eksperimen, dan mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Swasta Baharuddin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis desain eksperimen randomized control group design with pretest and postest. Populasi penelitian ini adalah kelas VII MTs Swasta Baharuddin dan sampelnya kelas VII-1 dan VII-2 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang masing-masing kelas terdiri dari 23 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah test dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis di kelas kontrol nilai rata-rata pretes yaitu 55,57 dan posttes yaitu 76,78, dan di kelas eksperimen nilai rata-rata pretes yaitu 60,39 dan posttes yaitu 82,30, dimana rata-rata pretes dan postest di kelas eksperimen lebih meningkat dari pada rata-rata pretes dan posttest di kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel = 2,130 > 2,021 dengan taraf signifikan 5% (0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Swasta Baharuddin Kecamatan Angkola Muaratais.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pddan Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A.
Keywords: Model Pembelajaran Artikulasi; Hasil Belajar; Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:31
Last Modified: 02 Dec 2020 03:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6136

Actions (login required)

View Item View Item