Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif dan self efficacy siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping

Mulyana, Endah (2020) Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif dan self efficacy siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di madrasah membosankan karena guru menyampaikan materi pembelajaran dengan metode yang tidak bervariasi yang membuat peserta didik menjadi kurang tertarik terhadap pembelajaran Matematika. Sehingga peserta didik susah memahami konsep Matematika dan mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga kemampuan self efficacy (rasa percaya diri) peserta didik rendah. Rumusan masalahnya yaitu: apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik dengan kemampuan kognitif dan self efficacy siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik dengan kemampuan kognitif dan self efficacy siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen control group pretest-posttest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs IB Silaping yang berjumlah 91 orang, untuk sampelnya yaitu kelas VIII1-a (kelas kontrol) dan VIII3-a (kelas eksperimen) masing-masing terdiri atas 15 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik non probability sampling. Sampel kelas eskperimen diberikan perlakuan dengan pendekatan saintifik dan kelas kontrol dengan pendekatan teacher center. Instrumen yang digunakan yaitu test dan angket Teknik pengolahan data dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS v. 22 dan rumus Uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis kemampuan kognitif dan self efficacy dengan menggunakan SPSS v. 22 dan uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,031 < 0,05) dan thitung > ttabel (6,581 > 2,145) dan kemampuan self efficacy diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,012 < 0,05) dan thitung > ttabel (7,994 > 2,048), maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif dan self efficacy pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs IB Silaping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution dan Akhiril Pane
Keywords: Pendekatan saintifik; kemampuan kognitif; self efficacy
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:18
Last Modified: 02 Dec 2020 03:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6135

Actions (login required)

View Item View Item