Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model cooperative laerning dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X di Madrasah Aliyah Swasta Babussalam Basilam Baru di Desa Basilam Kec. Angkola Muaratais Kab. Tapanuli Selatan

Fani, Naswa (2020) Penerapan model cooperative laerning dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X di Madrasah Aliyah Swasta Babussalam Basilam Baru di Desa Basilam Kec. Angkola Muaratais Kab. Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100147.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar utamanya dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Babussalm Basilam Baru, maka untuk meningkatkan keaktifan siswa peneliti menawarkan satu penerapan yaitu penerapan model Cooperative Learning dalam pembelajaran akidah akhlak dengan tujuan untuk membantu peserta didik meningkatkan keaktifan dalam proses belajar mengajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model Cooperative Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pelajaran akidah akhlak dan Bagaimana penerapan model Cooperative Learning pada pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan keaktifan siswa di Madrasah Aliyah Swasta Babussalam Basilam Baru. Adapun yang tujuan penelitian ini adalah, Untuk mengetahui penerapan model Cooperative learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Swasta Babussalam Basilam Baru dan Bagaimana penerapan model cooperative learning pada pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan keaktifan siswa di Madrasah Aliyah Swasta Babussalam Basilam Baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam pelaksanaannya terdapat beberapa prosedur, Adapun prosedur penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan menurut Kemmis dan Mc Taggart terdapat empat langkah (dan pengulangnya) penelitian meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus 1 kali pertemuan. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa keaktifan siswa dapat meningkat, hal ini dapat dibuktikan dari kondisi awal yaitu 24%, keaktifan siswa pada siklus I 40%, meningkat pada siklus II 52% dan meningkat pada siklus III 92%. Jadi dapat disimpulkan peningkatan keaktifan siswa dari kerja sama dalam pembelajaran meningkat dan sudah termasuk kategori memuaskan. Maka hipotesis tindakan ini dapat diterima. Penerapan model cooperative learning pada pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan keaktifan siswa dapat dilihat melalui langkah-langkah yaitu Strategi pembentukan tim, Strategi penilaian sederhana, Strategi pelibatan belajar langsung, Belajar dalam satu kelas penuh, pengajuan pertanyaan, Belajar bersama, pengajaran sesama siswa, Belajar secara mandiri, pengembangan keterampilan, penerapan pembelajaran konstektual, penerapan pembelajaran PAIKEM, Penerapan model pembelajaran kolabpratif. Dari langkah-langkah tersebut seorang guru terlebih dahulu membentuk 4 kelompok yang terdiri dari 5 orang dalam satu kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Tatta Herawati Daulae dan Muhammad Yusuf Pulungan
Keywords: Model cooperative learning; keaktifan siswa; pembelajaran akidah akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:05
Last Modified: 02 Dec 2020 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item