Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Emmi Sahnidar (2009) Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
04 310 648.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (632kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas pada tahun ajaran 2008/2009. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, bagaimana pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, bagaimana kepemimpinan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, bagaimana pemotivasian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, dan bagaimana pengevaluasian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan pokok penelitian ini adalah: untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui kepemimpinan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui pemotivasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui pengevaluasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengadakan wawancara langsung dengan responden penelitian. Hasil dari penelitian di atas dapat diperoleh bahan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara penulis dengan responden penelitian yakni dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) responden telah mencantumkan semua komponen pembelajaran yaitu kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi standar, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan penilaian. Dalam mengorganisir pembelajaran responden telah berupaya menggunakan metode yang tepat. Namun karena keterbatasan ilmu tentang metode mengajar maka metode yang digunakan tetap itu-itu saja. Selain dari itu, kekurangan sarana dan prasarana dapat menghambat kelancaran proses belajar mengajar. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren al-Mukhtariyah Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas pada umumnya dilaksanakan di dalam kelas dan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan. Dalam memimpin proses belajar mengajar responden selalu mengontrol siswa, selalu memberikan yang terbaik buat siswa, sekaligus menjadi contoh teladan bagi siswa. Dalam memotivasi siswa, responden selalu memperhatikan keinginan siswa selama masih dalam situasi edukatif, memberikan pujian kepada siswa yang menyelesaikan tugas dengan benar, memberikan hadiah kepada siswa yang mendapat ranking dan memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi. Pengevaluasian dilaksanakan setelah selesai proses belajar mengajar, pada saat mid semester dan semester, tes yang biasa dilaksanakan berbentuk tes subjektif dan objektif. Manajemen pembelajaran dalam kegiatan yang bersifat ko-kurikuler dan ekstrakurikuler dikelola oleh guru khusus yang membidangi hal itu. Manajemen pembelajaran harus dilaksanakan sepenuhnya oleh guru. Artinya semakin baik manajemen pembelajaran yang dilakukan maka semakin baik aktivitas dalam proses belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Fitriadi Lubis, M.Pd. dan Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:31
Last Modified: 01 Dec 2020 02:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item