Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII MTs NU Malintang Jae

Tihajar, Tihajar (2018) Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII MTs NU Malintang Jae. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika, kurangnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami, kurangnya keinginan siswa dalam belajar matematika sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan bilangan pecahan, yang disebabkan kurangnya perhatian guru terhadap pemahaman konsep dan kurang efektif, sehingga siswa beranggapan matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah menggunakan metode diskusi kelompok sebagai metode dalam proses pembelajaran yang dapat membantu proses belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII MTs NU Malintang Jae. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdistribusi normal, yaitu untuk pretest hitung =6,14 dan untuk posttest hitung = 2,16 dan tabel = 7,815 dan karena hitung < tabel maka data berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh yaitu thitung = 11,714 > ttabel = 2,064, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII MTs NU Malintang Jae.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si, M.Pd dan Dr. H. M. Darwis Dasopang, M. Ag
Keywords: Metode diskusi kelompok; Hasil belajar matematika siswa
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 16 Apr 2020 03:33
Last Modified: 14 Jul 2021 03:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item