Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Open – Ended terhadap hasil belajar matematika siswa materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII – 4 SMP N 1 Padangsidimpuan

Pratama, Yogi Rizky (2020) Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Open – Ended terhadap hasil belajar matematika siswa materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII – 4 SMP N 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang kreatif. Untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dilakukan tindakan berupa penerapan pendekatan pembelajaran open – ended yang diasumsikan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran open – ended terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan pendekatan pembelajaran open – ended terhadap hasil belajar matematika siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran open – ended terhadap hasil belajar matematika siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) dengan rancangan penelitian adalah one group pretest – posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan yang terdiri dari 34 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII – 4 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel = 6,365 > 1,992 maka terdapat perbedaan nilai rata – rata setelah diberikan perlakuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Erawadi, M.Ag
Keywords: Open – Ended; Hasil belajar matematika; Sistem persamaan linier dua variabel
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:32
Last Modified: 16 Nov 2020 04:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item View Item