Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran usaha jasa pada uli motor Padangsidimpuan dengan menggunakan analisis SWOT

Siregar, Nurmalia (2020) Analisis strategi pemasaran usaha jasa pada uli motor Padangsidimpuan dengan menggunakan analisis SWOT. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
132300116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Uli Motor merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan pencucian kenderaan dan service kenderaan yang memiliki citra yang baik di masyarakat, seiring perkembangannya uli motor mengalami penurunan karna banyaknya pesaing baru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah yang menjadi penentu dalam strategi pemasaran yang dilakukan Uli Motor, apakah faktor Internal dan Eksternal sebagai pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran. Teori dalam penelitian ini menggunakan strategi pemasaran dengan teknik analisis data dan menggunakan metode analisis swot, Uji IFAS dan EFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis lingkungan internal memiliki kekuatan antara lain yaitu lokasi yang strategis, pelayanan yang sopan dan ramah, produk yang ditawarkan beragam, waiting room yang asri dan nyaman yang dilengkapi dengan wifi dan resto. Sedangkan kelemahannya adalah biaya operasional yang tinggi, kurang handalnya beberapa karyawan dalam melaksanakan tugasnya,disiplin karyawan yang buruk, keterampilan pemasaran yang kuraang memadai sertanaiknya harga bahan baku saat ini yang tidak menentu yang berpengaruh terhadap naik turunnya penjualan. Matriks IFAS menunjukkan posisi internal perusahaan sangat kuat. Pada kondisi eksternal, peluang yang dimiliki adalah Pertumbuhan pasar yang semakin meningkat,jumlah kenderaan yang selalu bertambah,inovasi yang dilakukan perusahaan terus menerus serta memakai alat yang sudah modern. Ancaman yang dihadapi perusahaan yaitu semakin banyak pesaing yang bergerak pada bidang yang sama, update mobil yang terlalu cepat, kurangnya jarigan pemasaran yang langsung pada konsumen dan pelanggan berlahin ke perusahaan pesaing. Matriks EFAS menunjukkan bahwa perusahaan merespon peluang dengan cepat dan meminimalisir ancaman dari pesaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H.Aswadi Lubis,S.E.,M.Si dan Rini Hayati Lubis.,M.P
Keywords: Strategi pemasaran., Analisis SWOT., Uji IFAS., EFAS
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:09
Last Modified: 12 Nov 2020 02:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6048

Actions (login required)

View Item View Item