Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran dengan aktivitas pembelajaran fikih MTS Negeri Binanga

Harahap, Leli Nirawati (2011) Hubungan kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran dengan aktivitas pembelajaran fikih MTS Negeri Binanga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Hubungan Kemampuan Guru Dalam Menguasai Bahan Pelajaran Dengan Aktivitas Pembelajaran Fikih MTs Negeri Binanga”. Permasalahan yang muncul dalam skripsi ini dalah untuk mengetahui hubungan kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran dengan aktivitas pembelajaran fikih di MTs Negeri Binanga. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran dengan aktivitas pembelajaran fikih di MTs Negeri Binanga. Untuk menelaah permasalaahan di atas, maka populasinya adalah siswa MTs Negeri Binanga Tahun Pelajaran 2010-2011 sebanyak 372 siswa. Dalam penelitian ini, kelas tiga tidak diikutkan karena memfokuskan diri mereka mengahadapi Ujian Akhir Nasional (UAN), maka yang menjadi sampel disini adalah kelas satu dan dua berjumlah 54 siswa. Instrumen pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu penyebaran angket. Sementara pengolahan dan analisa data dilakukan dengan analisa statistik yaitu rumus Product Moment. Berdasarkan penelitian,maka diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y dengan xy yaitu 0.750. kemudian kemampuan guru dalam menguasahi pelajaran tergolong baik dengan skor rata-rata 80,5 dan dengan standar 80,976. dan aktivitas pembelajaran fikih tergolong baik dengan nilai rata-rata 85,685 dengan standar deviasi 6,801. kemudian terdapat hubungan kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran dengan aktivitas pelajaran fikih di MTs Negeri Binanga. Ini terbukti dari besarnya xy yaitu 0,750 yang lebih besar r tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Dengan demikian hipotesa yang berbunyi hubungan kemampuan guru dalam menguasahi bahan pelajaran dengan aktivitas pembelajaran fikih di MTs Negeri Binanga dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Misran Simanungkalit,M.Pd dan Magdalena,M.Ag
Keywords: Kemampuan guru, Aktivitas pembelajaran fikih
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 11 Nov 2020 09:26
Last Modified: 11 Nov 2020 09:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item