Siregar, Lomsiana Sari (2017) Pengaruh current ratio dan quick ratio terhadap return on investment pada PT. Fast Food Indonesia Tbk. Periode 2007-2016. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
PT. Fast Food Indonesia Tbk. adalah salah satu perusahaan dalam bidang industri makanan dan restoran yang senantiasa berupaya untuk menjadi merek restoran cepat saji nomor satu di Indonesia.Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya fluktuasi pada curent ratio, quick ratio dan ROI dan ketiga variabel tersebut dalam kondisi yang kurang baik karena apabila rata-rata industri dibawah dua kali, maka perusahaan tersebut dikatakan kurang baik. Kemudian ROI juga di bawah rata-rata 30%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas yaitu curent ratio dan quick ratio terhadap profitabilitas yaitu ROI pada PT. Fast Food Indonesia Tbk. periode 2007-2016. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu akuntansi yaitu mengenai analisis rasio yang mencakup pengertian rasio, jenis-jenis rasio keuangan, rasio profitabilitas yang mencakup pengertian profitabilitas, tujuan profitabilitas, manfaat profitabilitas, jenis-jenis rasio profitabilitas, rasio likuiditas dan keuntungan dalam Islam. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen (curent ratio dan quick ratio) dan variabel dependen (ROI). Data yang diambil yaitu publikasi laporan keuangan PT. Fast Food Indonesia Tbk. melalui www.idx.co.id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini yaitu laporan keuangan PT. Fast Food Indonesia Tbk. dari tahun 1993 s/d triwulan I 2017 yaitu sebanya 96 populasi dan sampel yang dipilih yaitu data laporan keuangan per triwulan tahun 2007 s/d triwulan III 2016 sebanyak 39 sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R square) diperoleh nilai sebesar 0,19 atau 19%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel curent ratio dan quick ratio dapat mempengaruhi ROI sebesar 19% sedangkan sisanya sebesar 81% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil penelitian koefisien regresi (uji t) menunjukkan bahwa memiliki pengaruh yang signifikan antara curent ratio terhadap ROI yang dibuktikan dengan > senilai 2,409 > 2,028. Kemudian menunjukkan bahwa tidak memiliki pengaruh yang signifikan antara quick ratio terhadap ROI yang dibuktikan dengan < senilai 1,256 < 2,028. Hasil penelitian koefisien regresi (uji F) menunjukkan bahwa memiliki pengaruh yang signifikan antara curent ratiodan quick ratio secara bersama-sama terhadap ROI yang dibuktikan dengan > senilai 4,224 > 3,26. Berdasarkan model regresi yang terbentuk ROI = (-3,955)+ 4,390CR + 2,044QR, dapat disimpulkan bahwa curent ratio dan quick ratio memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap ROI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Nasser Hasibuan,S.E.,M.Si dan Ja'far Nasution,Lc.,M.E.I |
Keywords: | Current ratio., Quick ratio., ROI |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 09:00 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 09:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6040 |
Actions (login required)
View Item |