Pendi, Ari (2020) Urgensi manajemen terhadap peningkatan minat Muzakki (Pegawai Negeri Sipil) pada Badan Amil Nasional Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1430400001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Islam mengajarkan konsep keadilan dan tolong menolong, salah satunya adalah melalui zakat. Zakat diarahkan untuk menciptakan pemerataan dan keadilan bagi masyarakat, sehingga taraf hidup masyarakat dapat ditingkatkan. Salah satu lembaga pengelola zakat resmi di Kabupaten Tapanuli Selatan dengan persentase penduduk muslim 85%. Namun pada kenyataannnya, 54% dari penduduk masih dalam kategori miskin. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk meneliti Urgensi Manajemen Terhadap Peningkatan Minat Muzakki (Pegawai Negeri Sipil) Berzakat Pada Badan Amil Nasional Kabupaten Tapanuli Selatan. Sebagai lembaga amil zakat resmi yang berfungsi mengelola zakat, zakat Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaaan Urgensi Manajemen Terhadap Peningkatan Minat Muzakki (Pegawai Negeri Sipil) Berzakat Pada Badan Amil Nasional Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk melihat apakah sudah tepat sasaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah.Untuk mengatahui peningkatan minat Muzakki yang berzakat di Badan Amil Zakat NasionalTapanuli Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriftif, pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran Zakat di Badan Amil Zakat Nasional dilakukan dengan cara pengurus langsung mengantarkan zakat ke rumah mustahiq, Karena jika dilihat dari ketiga indikator (tepat sasaran, peningkatan minat Muzakki berzakat), ada diantaranya yang kurang efektif yaitu tentang peningkatan perekonomian Mustahiq. Penelitian ini didapat hasil bahwa mekanisme Badan Amil Zakat Nasional Tapanuli Selatan terdiri dari pengumpulan dana zakat, dan pendistribusian serta pendayagunaan dana zakat. Manajemen Lembaga Badan Amil Zakat Nasional Tapanuli Selatan diukur dari Kualitas Manajemen, Kerja dan meningkatnya minat Muzakki, (Quality of Work), Ketepatan (Promptness), Inisiatif (Initiative), Kemampuan (Capability), dan Komunikasi (Communication). Dari kelima indikator terdapat dua poin yang menurut peneliti masih belum efektif Kualitas kerja dan komunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Replita, M.Si dan Drs. Kamaluddin, M.Ag |
Keywords: | Manajemen peningkatan minat Muzakki |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 05:02 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 05:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6028 |
Actions (login required)
View Item |