Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan hasil belajar kelipatan persekutuan terkecil dengan hasil belajar faktor persekutuan terbesar peserta didik kelas V SD Negeri 200216 Aek Tampang Padangsidimpuan

Ridwan, Ahmad (2018) Hubungan hasil belajar kelipatan persekutuan terkecil dengan hasil belajar faktor persekutuan terbesar peserta didik kelas V SD Negeri 200216 Aek Tampang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan KPK dan FPB dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar matematika ditinjau dari pemahanan konsep siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil dengan hasil belajar Faktor Persekutuan Terbesar pada peserta didik kelas V SD Negeri 200216 Aek Tampang Padangsidimpuan. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil dengan hasil belajar Faktor Persekutuan Terbesar pada peserta didik kelas V SD Negeri 200216 Aek Tampang Padangsidimpuani. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 200216 Aek Tampang Padangsidimpuani yaitu kelas V-1 sebanyak 30 siswa dan kelas V-2 sebanyak 30 siswa dan sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yaitu berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes berbentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dari data penelitian, yaitu diperoleh rhitung sebesar 0,912. Selanjutnya dikonsultasikan ke rtabel dengan taraf signifikansi 5% dan n = 30. diiperoleh rtabel sebesar (0,361). Sehingga rhitung > rtabel, yaitu 0,912 > 0,361, kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi.diperoleh thitung sebesar 11,768. Hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 30-2 = 28, diperoleh ttabel sebesar 2,05. Sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, yaitu 11,768 > 2,05g. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu hubungan yang signifikan antara hasil belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil dengan hasil belajar Faktor Persekutuan Terbesar pada peserta didik kelas V SD Negeri 200216 Aek Tampang Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Kelipatan Persekutuan Terkecil; Faktor Persekutuan Terbesar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Nov 2020 03:10
Last Modified: 11 Nov 2020 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6023

Actions (login required)

View Item View Item