Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama islam di MAS Darul Falah Langga Payung (studi perbandingan alumni SMP dengan Tsanawiyah)

Harahap, Timtimawati (2010) Prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama islam di MAS Darul Falah Langga Payung (studi perbandingan alumni SMP dengan Tsanawiyah). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 310 921.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (687kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di MAS Darul Falah Langga Payung (Studi Perbandingan Alumni SMP Dengan Tsanawiyah). Maka muncul permasalahan bahwa prestasi belajar siswa bidang pendidikan agama Islam adalah sama prestasinya, baik alumni SMP maupun alumni Tsanawiyah. Seharusnya siswa yang berasal dari Madrasah Tsanawiyah lebih tinggi prestasinya di bidang pendidikan agama Islam dibandingkan dengan siswa yang berasal dari SMP. Karena siswa yang berasal dari Tsanawiyah lebih banyak mempelajari pendidikan agama Islam dibandingkan pelajaran umum. Hal ini dapat di lihat dari jam pelajaran pendidikan agama Islam di SMP hanya 2 x 40 menit perminggu. Sedangkan jam pelajaran pendidikan agama Islam di Tsanawiyah delapan jam perminggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa alumni SMP di MAS Darul Falah Langga Payung, mengetahui prestasi belajar siswa alumni Tsanawiyah di MAS Darul Falah Langga Payung, dan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa alumni SMP dengan Tsanawiyah di MAS Darul Falah Langga Payung. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif lapangan berbentuk komparasi. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa alumni SMP dan alumni Tsanawiyah kelas III di MAS Darul Falah Langga Payung yang terdiri dari 58 orang siswa. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah 58 orang siswa dari alumni SMP 30 orang siswa sedangkan alumni Tsanawiyah 28 orang siswa. Maka untuk mengetahui hasil atau kebenaran permasalahan dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen pengumpulan data berupa dokumentasi nilai rapor siswa. Sedangkan untuk pengelola dan menganalisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji Tes “t” Dari perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa to baik taraf 5% atau 1% bahwa hipotesis penelitian ini: tidak terdapat perbedaaan prestasi belajar siswa yang signifikan dalam bidang studi pendidikan agama Islam alumni SMP dengan alumni Tsanawiyah pada MAS Darul Falah Langga Payung. Hal ini berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai to yang diperoleh sebesar -0,0367, sedangkan tt =2,00 dan 2,65 maka to adalah lebih kecil dari pada tt, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian hipotesis nihil yang menyatakan tidak terbukti perbedaan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam alumni SMP dengan Alumni Tsanawiyah pada MAS Darul Falah Langga Payung. Dengan demikian to jauh lebih kecil dari pada tt yaitu: 2,00 -0,0367  2,65.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muslim Hasibuan, M.A dan Muhlison M.Ag
Keywords: Prestasi belajar siswa; Pendidikan agama islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:48
Last Modified: 09 Nov 2020 03:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item