Susanto, Jarot Eko (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusuan konsumen dalam membeli smartphone VIVO (studi kasus masyarakat Lingkungan III Padangmatinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540200018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah mengenai keputusan konsumen dalam membeli smartphone yang bukan lagi sebagai barang mewah tetapi menjadi sebuah kebutuhan. Smartphone sudah dimiliki oleh hampir semua kalangan, dimulai dari anak-anak sampai orang lanjut usia pun sudah menggunakan smartphone. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli smartphone vivo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan promosi baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli smartphone vivo, penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, dunia akademik dan penelitian selanjutnya. Penelitian ini berkaitan dengan pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mengenai harga, kualitas produk dan promosi dan bidang ilmu manajemen bisnis, yakni dalam keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 68 responden dengan sampling jenuh. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Square), dan uji hipotesis (uji t dan uji f) dengan menggunakan bantuan perhitungan statistik SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 4,523 > 1,669, dan untuk kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel yaitu sebesar -0,254 < 1,669, dan variabel promosi secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 1,909 > 1,669 sedangkan secara simultan variabel harga, kualitas produk dan promosi sama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dibuktikan dengan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 9,801 > 2,029. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga, kualitas produk dan promosi memberi kontribusi sebesar 28,3% terhadap keputusan pembelian, selain itu sisanya 71,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Budi Gautama Siregar dan Jumi Atika |
Keywords: | harga; kualitas produk; promosi; keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 03:03 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 03:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5988 |
Actions (login required)
View Item |