Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata

Zulkarnain, Iskandar (2010) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 310 795.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (568kB)

Abstract

Novel tetralogi Laskar Pelangi adalah novel yang sangat fenomenal karya Andrea Hirata. Laskar Pelangi juga merupakan novel yang sangat fenomenal karena sarat dengan nilai-nilai moral dan pendidikan, yang jarang ditemui sekarang ini. Novel ini juga bisa menjadi sumber insfirasi bagi yang membacanya. Bahasa yang mudah dicerna oleh pembacanya menjadikan nilai tambah tersendiri bagi novel tersebut. Selain itu, penulis banyak menyampaikan pesan moral serta kritikan terhadap dunia pendidikan saat ini yang semakin hari semakin jauh dari harapan. Novel Laskar Pelangi bisa memberi spirit bagi anak usia sekolah, remaja dan juga pendidik, karena ditulis dengan semangat realistis kehidupan sekolah dan semangat humanisme. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah isi novel Laskar Pelangi dan nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui isi novel Laskar Pelangi dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi. Dalam mengkaji dan menelaah permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan penelitian perpustakaan atau library research, yaitu penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ada diperpustakaan yang berkaitan dengan pokok permasahan yang dibahas peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi ataupun content analysis. Yaitu membahas lebih dalam isi suatu informasi tertulis yang terdapat dalam sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa sekolah Muhammadiyah dengan segala keterbatasannya bisa menghasilkan murid-murid yang luar biasa. Pendidikan yang dilakukan oelh Pak Harfan dan Bu Mus menjadikan murid-muridnya berani bercita-cita tinggi. Dalam proses pendidikannya kedua guru tersebut selalu tampil sederhana. Pak Harfan dan Bu Mus juga membekali murid-muridnya dengan nasehatnasehat agar lebih menghargai kehidupan dan tidak menyerah karena kemiskinan. Bu Mus menyebut anak didiknya dengan sebutan Laskar Pelangi karena kecintaan anakanak tersebut terhadap pelangi. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang diperoleh dari novel Laskar Pelangi adalah nilai akhlak, nilai syari’at, nilai moral dan nilai tauhid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Irwan Saleh Dalimunthe dan Eka Sustri Harida
Keywords: Novel laskar pelangi; nilai-nilai pendidikan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:39
Last Modified: 05 Nov 2020 04:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item