Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode diskusi terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina

Lubis, Khoiriah (2010) Pengaruh metode diskusi terhadap motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (863kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode diskusi siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan bagaimana motivasi belajar siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, untuk mengetahui motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina, dan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan menggunakan metode ex post facto, populasinya adalah seluruh siswa siswi kelas I, II, dan III MAN Panyabungan Kabupaten Madina. Tahun pelajaran 2009/2010 akan tetapi dikarenakan kelas III menghadapi ujian. Maka populasi ditetapkan pada kelas 1 dan II saja yang berjumlah 595 orang sampel yang ditetapkan sebesar 15% dari sejumlah populasi sebanyak 87 orang. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Kemudian pengolahan atau analisa data yang digunakan adalah rumus korelasi product moment dan dikuatkan dengan rumus persamaan regresi linier. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa metode diskusi yang dilaksanakan siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina tergolong baik yaitu diperoleh skor rata-rata sebesar 69,41%. Sedangkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina tergolong baik diperoleh skor rata-rata sebesar 73,85% dari perhitungan di atas dapat diketahui bahwa koefisien korelasi antara metode diskusi dengan motivasi belajar sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina adalah 0, 493. Hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan metode diskusi terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MAN Panyabungan Kabupaten Madina” diterima. Karena Fhitung (rxy = 27,3120) > dari Ftabel 3,00 untuk interval kepercayaan 5% dan 7,04 untuk interval kepercayaan 1%. Maka Fhitung > Ftabel. Untuk menyatakan besar kecilnya sumbangan variabel X terhadap variabel Y digunakan rumus koefisien adalah KP = r2 x 100% = 0, 4932 x 100% = 24,30% sisanya 75,7%ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Eka Sustri Harida, M.Pd
Keywords: Metode Diskusi; Motivasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:43
Last Modified: 05 Nov 2020 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5971

Actions (login required)

View Item View Item