Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Mandailing Natal

Lubis, Sunarti (2011) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 000.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 3 SAMPURAN KABUPATEN MANDAILING NATAL, yang mendeskripsikan rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal, apakah kendala dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal , bagaimana hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal, untuk mengetahui kendala dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal, untuk mengetahui hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi, kemudian pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sampuran Kupaten Mandailing Natal membina akhlak siswa melalui pemberian contoh teladan, penerapan guru bimbingan dan konseling dan pemberian peringatan. Memberikan contoh teladan bagi siswa merupakan salah satu upaya dalam pembinaa akhlak siswa agar siswa termotivasi dan mencontoh gurunya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan guru bimbingan konseling oleh guru Pendidikan Agama Islam siswa semakin mudah untuk dikontrol dan dididik mengenai akhlak serta memudahkan bagi siswa untuk menyampaikan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Pemberian peringatan berupa sanksi dan hukuman dapat berefek jera bagi siswa yang suka melanggar peraturan sekolah, serta dapat dapat memupuk kedisiplinan siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal. Kendala dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal terdiri dari: Faktor internal dan Faktor ekstern. Hasil yang dicapai guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 3 Sampuran Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini terlihat siswa SMP Negeri 3 Sampuran memiliki akhlak yang baik yang terimplementasi melalui kata-kata atau niat, pikiran ucapan dan perilaku yang ditampilkan guru Pendidikan Agama Islam baik yang berhubungan dengan Allah dan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Zulhammi, M.Ag.,M.Pd
Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; Akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:31
Last Modified: 05 Nov 2020 02:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5970

Actions (login required)

View Item View Item