Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa SD Negeri No 100500 Tapus Kecamatan Angkola Timur

Masitoh, Masitoh (2010) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa SD Negeri No 100500 Tapus Kecamatan Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 325.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (492kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ”FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERI NO 100500 TAPUS KECAMATAN ANGKOLA TIMUR”, yaitu suatu kajian tentang hal-hal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa terhadap Bidang Studi Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah-masalah kesulitan belajar yang dialami oleh siswa terhadap Bidang Studi Agama Islam sehingga perlu diteliti apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa SD Negeri No 100500 Tapus Kecamatan Angkola Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah-masalah kesulitan belajar siswa terhadap Bidang Studi Agama Islam di SD Negeri No 100500 Tapus. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa terhadap Bidang Studi Agama Islam di SD Negeri No 100500 Tapus Kecamatan Angkola Timur. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan pengolahan dan analisis data secara kualitatif deskriptif dimana dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan (field research) dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari angket, wawancara dan observasi. Subjek penelitian ditetapkan sebanyak 22 orang. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan belajar tergolong rendah, yaitu dilihat dari rasa senang siswa terhadap materi, pemahaman siswa terhadap materi dan metode mengajar guru, minat siswa terhadap Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan keaktifan belajar. faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah media, metode dan gaya mengajar guru, upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah membaca buku-buku yang relevan dengan pembelajaran, mengikuti penataran-penataran dan seminar yang berhubungan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengupayakan gaya mengajar yang bervariasi serta memberikan motivasi kepada siswa ketika pelajaran Pendidikan Agama Islam sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd
Keywords: Kesulitan Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:24
Last Modified: 05 Nov 2020 02:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5969

Actions (login required)

View Item View Item