Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan

Nasution, Nur Ainun (2011) Pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (501kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana keadaan akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, bagaimana pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dan apakah metode yang dilaksanakan guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kualitatif deskriptif. Deskriptif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang ditempuh dengan menggunakan analisis deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru, siswa, kepala sekolah dan tata usaha. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, dilaksanakan riset lapangan (filed reseach) dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan observasi. Berdasarkan penelitian di atas diperoleh hasil bahwa keadaan akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan secara umum relatif kurang baik, karena pada beberapa kasus terdapat tingkahlaku yang tidak mencerminkan akhlak mulia, sebagian diantara mereka suka membantah perintah guru, mengucapkan perkataan yang kurang sopan dan selalu membuat onar di sekolah. Guru selaku pembimbing untuk mengarahkan anak didiknya supaya bertingkah laku yang baik dan benar sudah melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru yang patut dicontoh oleh siswa-siswinya dengan cara seperti memberikan metode nasehat, metode teladan, sehingga siswanya bertingkahlaku makin membaik seperti yang diharapkan guru dan berbagai hambatan yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak siswa adanya faktor internal (kurangnya sarana dan prasarana dalam memberikan pembinaan akhlak siswa) dan eksternal (kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan, misalnya memperingati maulid Nabi, isra’ mi’raj dan mendengarkan ceramah agama serta kurangnya perhataian orangtua dalam pembinaan akhlak siswa).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Drs Syafri Gunawan, M. Ag
Keywords: Akhlak; Siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:18
Last Modified: 05 Nov 2020 02:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5968

Actions (login required)

View Item View Item