Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Korelasi gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa di Pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Hamdiatul Husna (2011) Korelasi gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa di Pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 310 978.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (856kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “korelasi gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa di pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas”. Yaitu suatu pembahasan tentang gaya mengajar guru PAI dan korelasinya dengan motivasi belajar siswa di pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana gaya mengajar guru PAI di Pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas, bagaimana motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru di Pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas, apakah gaya mengajar yang digunakan guru memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar siswa. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru di Pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru di Pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui gaya mengajar guru memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dalam bentuk korelasi. Untuk mengumpulkan data yang digunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, pengolahan data dilaksanakan analisis data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi product moment. Hipotesis yang berbunyi ada hubungan gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa di Pondok Pesantren Ruhul Islam Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan korelasi gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa sebesar 0,460 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,273 dan taraf signifikan 1% adalah 0,354. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara gaya mengajar guru PAI dengan motivasi belajar siswa adalah korelasi yang positif artinya semakin baik gaya mengajar guru PAI semakin baik pula motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Drs. Sahadir Nasution, M.Pd
Keywords: Gaya Mengajar; Guru; Motivasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:31
Last Modified: 04 Nov 2020 04:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item