Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan metode pembelajaran bervariasi dalam menciptakan pembelajaran kondusif bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan

Lubis, Khotmaida Khairunnisa (2010) Pelaksanaan metode pembelajaran bervariasi dalam menciptakan pembelajaran kondusif bidang studi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 311 0170.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN BERVARIASI DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN KONDUSIF BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN” yang mendeskripsikan rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana cara guru PAI menggunakan metode pembelajaran bervariasi pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan, apa usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan, Bagaimana kedudukan metode pembelajaran bervariasi dalam menciptakan pembelajaran kondusif pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru PAI menggunakan metode pembelajaran bervariasi pada bidang studi Pendidikan Agama, Islam di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan, untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan, Untuk mengetahui kedudukan metode pembelajaran bervariasi dalam menciptakan pembelajaran kondusif pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi, kemudian pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa dalam proses pembelajaran cara guru Pendidikan Agama Islam melaksanakan metode pembelajaran bervariasi yaitu dengan memadukan atau mengkombinasikan beberapa jenis metode pembelajaran, seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, latihan (drill), dan demonstrasi, sehingga para siswa semangat untuk mengikuti proses belajar mengajar yang berlangsung. Guru Pendidikan Agama Islam, berusaha membuat proses belajar mengajar menjadi kondusif, dimulai dari usaha seperti menyiapkan RPP sebelum pelaksanaan pembelajaran, menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran saat proses belajar mengajar berlangsung, menggunakan metode pembelajaran bervariasi pada saat pembelajaran, mengatur keadaan ruangan agar rapi, bersih dan nyaman pada saat proses belajar mengajar, memperhatikan keadaan siswa yang mengikuti pembelajaran serta usaha guru untuk tampil menyenangkan dihadapan para siswa saat pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan metode pembelajaran bervariasi sangat penting dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif, karena metode pembelajaran bervariasi harus dilaksanakan untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menghindari kejenuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nasruddin Hasibuan dan Yusni Sinaga
Keywords: Pebelajaran; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:03
Last Modified: 04 Nov 2020 04:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item