Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembinaan akhlak siswa di SD Swasta 396 Islam Terpadu Al- Husnayain Pidoli Dolok Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Azizah, Nur (2019) Pembinaan akhlak siswa di SD Swasta 396 Islam Terpadu Al- Husnayain Pidoli Dolok Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420100100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Akhlak Siswa di SD Swasta 396 Islam Terpadu Al-Husnayain berpakaian dengan sopan, santun, ramah, patuh di sekolah, mengikuti shalat berjama’ah, tidak melanggar tata tertib sekolah, tidak membuang sampah sembarangan, tidak ribut ketika jam pelajaran dan tidak mengganggu temannya ketika guru menjelaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan akhlak siswa, apa faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan akhlak siswa, untuk mengetahui faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa di SD Swasta 396 Islam Terpadu Al- Husnayain Pidoli Dolok Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Metodologi penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena sekitarnya dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah guru yang mengajar di kelas IV dan siswa kelas IV, dan yang menjadi sumber data sekunder adalah kepala sekolah SD Swasta 396 Islam Terpadu Al-Husnayain, serta analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara, editing data, reduksi data, sertamenginterpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembinaan akhlak siswa di SD Swasta 396 Islam Terpadu Al-Husnayain Pidoli Dolok, yaitu dapat disimpulkan dengan adanya pembinaan-pembinaan yang dilakukan oleh guru maka terbina atau terbentuklah akhlak yang baik. Dengan cara memberikan latihan dan pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan, mengontrol, pemberian nasehat, kepada anak tentang pentingnya memiliki akhlak ini, contohnya dalam bidang berpakaian dengan sopan guru juga memberikan contoh yang baik, bertutur kata, dan sopan santun baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa di SD Swasta 396 Islam Terpadu Al-Husnayain Pidoli Dolok yaitu faktor dari dalam diri dan faktor dari luar diri (guru dan siswa). Dengan adanya faktor pendukung maka akhlak siswa-siswa terbina.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembinaan Akhlak Siswa; SD Swasta 396 Islam Terpadu Al-Husnayain
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:06
Last Modified: 03 Jun 2020 08:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item