Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika sistem pembelajaran dan upaya penanggulangannya di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Labuhan-Labo

Maulana, Didik (2011) Problematika sistem pembelajaran dan upaya penanggulangannya di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Labuhan-Labo. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: Problematika Sistem Pembelajaran dan Upaya Penanggulangannya di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Labuhan-Labo, sehingga muncul permasalahan dalam penelitian ini yaitu apa saja problematika sistem pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Labuhan-Labo dan upaya apa yang dilakukan dalam penanggulangan problematika sistem pembelajaran Madrasah Diniyah Awaliyah di Desa Labuhan-Labo. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika sistem pembelajaran yang terjadi di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Labuhan-Labo, ingin mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam penanggulangan problematika sistem pembelajaran Madrasah Diniyah Awaliyah di Desa Labuhan-Labo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode deskriptif adalah metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada pada saat penelitian. Metode ini ditunjukkan untuk mendeskripsikan kondisi di lapangan bagaimana problematika sistem pembelajaran dan upaya penanggulangannya di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Desa Labuhan-Labo. Selanjutnya data yang dibutuhkan dalam skripsi ini terdiri dari dua macam sumber, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data tersebut antara lain sumber data primer atau sumber data pokok yang berasal dari Kepala Sekolah, guru-guru dan pendidik atau pengelola Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) termasuk yayasan dan sumber data sekunder atau data pelengkap berasal dari Orang tua/Wali Murid, Tokoh Agama, dan Masyarakat. Adapun instrumen yang digunakan untuk memperoleh datadata dalam penelitian, maka dibutuhkan dalam penyusunan skripsi adalah wawancara dan observasi yaitu dalam penelitian ini instrumen digunakan untuk memperoleh keterangan tentang problematika sistem pembelajaran Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) dan upaya penanggulangannya di Desa labuhan-labo. Adapun hasil penelitian adalah problematika sistem pembelajaran yang dihadapi Madrasah Diniyah Awaliyah di Desa Labuhan-Labo mencakup: a) kurikulum b) Materi atau Isi c) Metode Pembelajaran d) Alat dan Sumber e) Sarana dan Prasarana f) Media Pembelajaran g) Evaluasi dan h) Guru. Problematika sistem pembelajaran tersebut memiliki dampak terhadap pelaksanaan proses pembelajaran dan hasil mutu lulusan Madrasah Diniyah Awaliyah. Madrasah Diniyah Awaliyah sebagai lembaga pendidikan non formal, walaupun dikategorikan sebagai lembaga vii pendidikan tradisional mempunyai sistem pembelajaran tersendiri, hal tersebut menjadi ciri khas pembelajaran/metodik Madrasah Diniyah Awaliyah daripada sistem-sistem yang dilakukan di lembaga pendidikan formal. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam penanggulangan problematika sistem pembelajaran Madrasah Diniyah Awaliyah di Desa Labuhan-labo adalah Memperbaiki kurikulum yang tidak jelas arahnya dengan musyawarah kepala sekolah dengan guru-guru dalam merumuskan dan memperbaiki kurikulum tersebut dan mengikutkan para guru dalam penataran untuk mengetahui menyusun kurikulum yang baik. Menyesuaikan materi/isi dengan perkembangan dan kebutuhan siswa dengan cara bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan siswa dan menyesuaikan materi/isi yang update pada saat sekarang ini. Meningkatkan metode pembelajaran para guru dengan cara adanya pelatihan dalam memahami dan menguasai metode yang bervariasi. Meningkatkan alat dan sumber dengan cara adanya kerja sama antara pihak Madrasah Diniyah Awaliyah dengan masyarakat untuk meningkatkan alat dan sumber. Melengkapi sarana dan prasarana yang tidak memadai dengan cara mencari donatur tetap dan kerja sama yang baik dalam meningkatkan sarana dan prasarana. Meningkatkan media pembelajaran dengan cara guru yang mengajar di Madrasah Diniyah Awaliyah harus kreatif dalam menggunakan media yang ada. Memperbaiki evaluasi yang jauh dari standar nilai upaya penanggulangan evaluasi adalah guru sebagai evaluator diharapkan kreatif dan memahami penilaian ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik dan upaya yang dilakukan dalam problematika guru adalah mengikutkan guru untuk penataran dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Misran Simanungkalit dan Fauziah Nasution
Keywords: Problematika pembelajaran; Madrasah Diniyah Awaliyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:08
Last Modified: 02 Nov 2020 07:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item