Rolianti, Hutri (2020) Peranan penasehat akademik dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam FDIK IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1530200052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang mengalami masalah dalam mencapai prestasi akademiknya. Mahasiswa dapat dikatakan mencapai prestasi akademiknya ketika mahasiswa tersebut memiliki indeks prestasi yang tinggi dan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran penasehat akademik dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa, apa saja hambatan yang dihadapi dosen penasehat akademik dalam melakukan konsultasi, bagaimana prestasi akademik mahasiswa setelah melakukan konsultasi dengan dosen Penasehat Ademik Prodi Bimbingan Konseling Islam FDIK IAIN Padangsidimpuan angkatan 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penasehat akademik dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa, mengetahui hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam melakukan konsultasi mengetahui prestasi akademik mahasiswa setelah melakukan konsultasi dengan Penasehat Akademik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian-kejadian yang terjadi secara fakta. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 sebanyak 12 orang dan Penasehat Akademik prodi Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017 sebanyak 12 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran Penasehat Akademik untuk membantu Memberikan pertimbangan mengenai jumlah nilai kredit (SKS) yang dapat diambil mahasiswa dan perubahan serta penyelesaian program, membantu mahasiswa mengatasi masalah (akademik atau pribadi) yang menghambat kelancaran studi, memberi pertimbangan dalam perumusan masalah Penelitian. Hambatan yang dihadapi dosen penasehat akademik dalam pelaksanaan konsultasi, antara lain keterbatasan waktu faktor penghambat yang bersumber dari diri mahasisiwa sendiri, seringnya merasa malas dan enggan untuk mengkonsultasikan masalah yang dihadapi kepada Penasehat Akademik. Prestasi akademik mahasiswa setelah melakukan konsultasi serta menjalankan arahan dari Penasehat Akademik yaitu mahasiswa yang sering melakukan konsultasi, prestasi akademiknya meningkat hal itu dapat dilihat dari KHS serta kepribadian dan perilaku mahasiswa yang sudah lebih peduli lagi akan perkuliahannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A dan Siti Wahyuni Siregar, S.Sos.I,M.Pd.I |
Keywords: | Penasehat Akademik; Prestasi Akademik; Mahasiswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 04:08 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 04:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5904 |
Actions (login required)
View Item |