Suhendra, Ade (2011) Implementasi strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Padangsidimpuan (sebuah kajian tentang implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 310 0001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (466kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengimplementasian strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan di MAN 2 Padangsidimpuan, kendala-kendala apa yang ditemui dalam mengimplementasikannya, serta upaya-upaya apakah yang dilakukan untuk menanggulangi kendala-kendala tersebut. Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan di MAN 2 Padangsidimpuan, kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikannya, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala-kendala tersebut. Kajian teori penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu : bagian A berupa strategi pembelajaran dan bagian B standar nasional pendidikan. Kajian teori ini bertujuan untuk mengantarkan permasalahan yang sesuai dengan judul yang telah ditetapkan di atas. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Yaitu menggambarkan data yang ditemukan di lapangan yang kemudian dibandingkan apakah sesuai dengan standar proses pendidikan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap peserta didik, guru, wakil kepala sekolah dan observasi terhadap hal-hal yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diperoleh hasil implementasi strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan dapat dikatakan telah terimplementasikan dengan baik, meskipun masih banyak yang perlu dibenahi serta dikembangkan agar pengimplementasiannya lebih baik. Seperti misalnya belum tersedianya laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI), masalah pada siswa, guru, serta alokasi waktu yang diperlukan sangat panjang sehingga proses pengimplementasianya pun belum bisa dikatakan maksimal. Dengan penelitian ini maka disarankan kepada guru Pendidikan Agama Islam (PAI) agar terus meningkatkan peranan peserta didik dalam proses pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran pada Pendidikan Agama Islam lebih variatif, sehingga peserta didik tidak merasa bosan ketika pelajaran berlangsung, terus berusaha meningkatkan kompetensi profesionalnya demi terlaksananya proses pendidikan yang berkualitas di negeri ini dan juga kepada kepala sekolah diharapkan terus mengadakan proses pengawasan secara intensif bersama dengan pengawas satuan pendidikan demi terlaksananya pendidikan yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, MA dan Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag |
Keywords: | Standar Proses Pendidikan; Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005; Standar Nasional Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:18 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5886 |
Actions (login required)
View Item |