Siregar, Iqbal Hanifah (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas IX-3 Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520200079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran, dan/atau pelatihan dalam rangka membantu para siswa agar mampu mengembangkan potensinya secara optimal. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini dalam suatu pembelajaran, tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran tersebut akan tercermin dalam hasil belajar. Namun dalam upaya meraih hasil belajar yang memuaskan dibutuhkan proses belajar, salah satu faktor dari dalam peserta didik yang ikut menentukan prestasi belajar adalah aspek kecerdasan emosional. Rumusan masalah penelitian ini apakah ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika di Kelas IX- 3 Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosioanal siswa terhadap hasil belajar matematika di kelas IX- 3 Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Karya Setia Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis data deskriptif yang terdiri dari mean, median, modus dan standar deviasi dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji koefisien korelasi antara variabel kecerdasan emosional dengan koefisien hasil belajar matematika siswa sebesar r = 0,426 dan berada pada kategori hubungan sedang yaitu dengan nilai 0,4 – 0,6, sedangkan hasil yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa sebesar 18% dan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain, tingkat pencapaian hasil belajar Matematika siswa sebesar 69,16% maka dapat dikategorikan tingkat pencapaian hasil belajar Matematika siswa yaitu baik dengan nilai 61% - 80%. Hasil uji hipotesis diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IX – 3 M. Ts YPKS Padangsidimpuan dengan nilai > atau 2,091 > 1,714.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution dan Agus Salim Daulay |
Keywords: | kecerdasan emosional; hasil belajar matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 02:53 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 02:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5871 |
Actions (login required)
View Item |