Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Angkola Timur Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Arpan Sahbih (2020) Motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Angkola Timur Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan salah satu pelajaran yang memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman kepada siswa, dan juga membentuk karakter serta keluhuran budi siswa dalam rangka menempuh hidup yang bahagia di dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa hal yang harus dipenuhi salah satunya adalah motivasi belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji permasalahan yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Angkola Timur. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah, 1) bagaimana gambaran motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Negeri 1 Angkola Timur?, dan 2) apa faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK Negeri 1 Angkola Timur?. Dengan tujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK Negeri 1 Angkola Timur dan faktor penyebab rendanya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam kelas XI di SMK Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data, melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam adalah; a) siswa memiliki hasrat dan keinginan berhasil, b) siswa memiliki dorongan dan kebutuhan dalam belajar, c) siswa memiliki harapan atau cita-cita masa depan, d) siswa memiliki penghargaan dalam belajar, e) siswa memiliki kegiatan yang menarik dalam belajar, dan f) siswa memiliki lingkungan belajar yang kondusif ketika belajar. Adapun faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, adalah; faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari; 1) pola makan siswa, dan 2) psikologis siswa. Sedangkan faktor eksternal ini terdiri dari; 1) hubungan siswa dengan guru, dan 2) keadaan atau kondisi ruangan belajar yang kondusif, serta keadaan dan kondisi siswa ketika proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Sattar Daulay dan Nur Fauziah Siregar
Keywords: motivasi belajar; pendidikan agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Oct 2020 00:59
Last Modified: 23 Oct 2020 00:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5866

Actions (login required)

View Item View Item