Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan

Pakpahan, Sri Devi (2010) Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (591kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan”, yaitu suatu kajian tentang analisis hal-hal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya siswa dalam menerima pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga perlu diteliti apakah kesulitan tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda atau justru yang sama. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: Apa sajakah kesulitan yang dihadapi siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan? Apakah faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan? Dan Bagaimanakah pemecahan masalah kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam, dan upaya pemecahan masalah kesulitan belajar yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan (field research) dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari observasi, interview dan angket. Pengolahan dan analisa data dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa jenis kesulitan belajar siswa yakni (1) ketidak mampuan siswa membaca al-Qur`an serta tajwidnya, (2) metode yang monoton dari guru, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar berasal dari tiga komponen pembelajaran yaitu: siswa, guru dan sarana prasarana. Usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan tersebut anatar lain: memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk menyenangi Pendidikan Agama Islam sebagai amal ibadah yang akan mendapatkan pahala disisi Allah, siswa diberi tugas untuk merangkum sendiri materi Pendidikan Agama Islam agar lebih mudah dipelajari dan dipahami, dan guru bersedia membuat alat peraga secara sederhana agar pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih mudah dipahami. Dan cara lain yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan menggunakan metode yang berpariasi yang dapat meningkatkan tarap keingin tahuan siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Baharuddin dan Zulhammi
Keywords: Kesulitan siswa; pendidikan Islam; kemampuan siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:44
Last Modified: 22 Oct 2020 04:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item