Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran barang dagangan pada UD. F. Muammar Panyabungan

Amir, Faisal (2020) Strategi pemasaran barang dagangan pada UD. F. Muammar Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

UD. F. Muammar Panyabungan merupakan salah satu unit usaha yang terdapat di Panyabungan yang bergerak dibidang usaha dagang. Pada saat ini UD.F. Muammar Panyabungan mengalami beberapa masalah dalam hal pemasaran barang dagangannya. Contohnya antara lain volume penjualan produk energen yang belum stabilserta volume penjualannya belum sesuai dengan yang diinginkan. Adapun rumusan masalah adalah strategi pemasaran barang dagangan yang dilakukan pada UD. F. Muammar Panyabungan dalam meningkatkan volume penjualan?. Tujuan penelian adalah untuk mengetahui strategi pemasaran barang dagangan yang dilakukan UD. F. Muammar Panyabungan dalam meningkatkan volume penjualan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran UD. F. Muammar Panyabungan dengan menggunakan analisis SWOT. Perusahaan harus memilih strategi yang tepat untuk menggambarkan bagaimana peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, oleh karena itu analisis SWOT merupakan salah satu strategi yang tepat dalam proses pengambilan keputusan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dengan subjek penelitian, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi UD. F. Muammar menggunakan analisis SWOT dengan strategi SO meningkatkan pengembangan produk agar diminati konsumen, memenuhi permintaan pasar dengan menyediakan produk yang beragam. Strategi WO menambah jaringan pemasaran, mengoptimalkan bagian pemasaran karena melalui promosi akan lebih meningkatkan laba pendapatan. Strategi ST perlunya inovasi untuk pengembangan produk dalam menghadapi pesaing, meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Strategi WT mencari kiat-kiat baru dalam mensosialisasikan produk UD. F. Muammar Panyabungan, cepat dan tanggap apabila terjadi kesalahan atau kendala di dalam perusahaan, memiliki website untuk melakukan promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M
Keywords: Strategi; Pemasaran; Analisis SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:07
Last Modified: 22 Oct 2020 02:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item