Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada Hotel Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan

Santika, Mira (2019) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada Hotel Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, diulas mengenai strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan jumlah pelanggan yang mengalami penurunan pada tahun 2017 sebesar 15 persen dikarenakan strategi pemasaran yang belum optimal di terapkan pada hotel tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Pada Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan”. Dan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan Pengembangan strategi pemasaran yang maksimal dan memerlukan bauran pemasaran yang efektif dan efisien. Teori bauran pemasaran dengan 7P yaitu, Product, Price, Place, Promotion, Process, People dan Physical Evidence. Penelitian ini dilakukan terhadap tamu yang menginap di Hotel Natama Syariah dalam menggunakan fasilitas dan menerima pelayanan di Hotel Natama Syariah dengan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Dengan tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, tinjauan pustaka dan dokumentasi. Dan dalam pengolahan dan analisa data menggunakan editing data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan secara deskriptif dan menggambarkan bahwa penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Natama Syariah menggunakan 7 bauran pemasaran, Product, Price, Place, Promotion, Process, People dan Physical Evidence. Diketahui bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Hotel Natama Syariah telah mampu meningkatkan jumlah pelanggan dan telah dapat mengenalkan keberadaan Hotel Natama Syariah kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Rini Hayati Lubis, S.P., M.P
Keywords: Strategi Pemasaran; Bauran pemasaran Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 20 Oct 2020 05:01
Last Modified: 20 Oct 2020 05:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5818

Actions (login required)

View Item View Item