Harahap, Artia Ayu Putri (2019) Pengaruh kualitas produk pupuk dan harga pupuk bersubsidi tergadap minat beli konsumen pada kelompok Tani Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 402 00200.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian skripsi ini berjudul “Pengaruh Kualitas Produk Pupuk Dan Harga Pupuk Bersubsidi Tergadap Minat Beli Konsumen Pada Kelompok Tani Padangsidimpuan Selatan”. Permasalahn dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh kualitas produk terhadap minat beli konsumen, apakah ada pengaruh harga terhadap minat beli konsumen, dan apakah ada pengaruh kualitas produk dan harga secara simultan terhadap minat beli konsumen pada kelompok tani Padangsidimpuan Selatan. Pupuk subsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari pemerintah untuk kebutuhan pertanian yang dilaksanakan atas dasar program pemerintah. Minat beli merupakan bagian dari komponen perilaku dalam sikap menkonsumsi. Menurut Ali Hasan Minat beli merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan guna berhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan bagaimana sebenarnya yang terjadi di lapangan dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengumpulan data yang terkait dengan penelitian, wawancara, kuesioner/angket dan observasi secara langsung di Padangsidimpuan Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui kuesioner/angket yang dilakukan kepada informan yang berjumlah 160 orang. Hasil penelitian ini adalah Minat beli petani di Padangsidimpuan Selatan dapat dipengaruhi oleh kualitas produk dan harga. Nilai Adjusted R-Square yang diperoleh 0,587 yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X1 (Kualitas Produk) dan X2 (Harga) memiliki pengaruh konstribusi sebesar 58,7% terhadap variabel Y (Minat Beli Konsumen) dan 41,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X. Berdasarkan penelitian ini dimana nilai thitung > ttabel (0,457 > 0,1305) dan (4,854> 0,135) maka Ho ditolak, jadi disimpulkan bahwa kualitas produk dan harga secara parsial memiliki pengaruh terhadap minat konsumen. Fhitungn>Ftabel (7,896>3,05) maka Ho ditolak Ha diterima, maka variabel kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada kelompok Tani Padangsidimpuan Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati dan Ja'far Nasution |
Keywords: | produk; harga; minat beli; konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 04:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5814 |
Actions (login required)
View Item |