Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh trust in brand dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan telkomsel pada masyarakat Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Siregar, Efridawati (2019) Pengaruh trust in brand dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan telkomsel pada masyarakat Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Telkomsel merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi yang berusaha untuk menjadi penyedia layanan dan solusi gaya hidup yang terpercaya. Mengingat produk Telkomsel yang mahal, persaingan bisnis yang semakin ketat, Telkomsel merupakan bukan satu-satunya perusahaan yang menawarkan produk kartu seluler di Kelurahan Sihitang, masih banyak produk lain yang memiliki kualitas dan harga yang lebih murah. Akan tetapi Telkomsel selalu menguasai pasar dan memiliki jumlah pelanggan paling tinggi. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah trust in brand dan inovasi produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Ilmu Manajemen Pemasaran. Sehingga dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan peneliti adalah dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan, trust in brand dan inovasi produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 responden dengan rumus Isac Michel. Sumber data yaitu data primer dan sekunder sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis data dengan analisis regresi linier berganda dan didukung dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji f, adapun pengelolaan data dibantu dengan program SPSS Versi 23.0. Hasil penelitian diperoleh nilai R square sebesar 0,523 atau52,3% menunujukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 52,3% dan sisanya 47,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Untuk variabel trust in brand terdapat pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan nilai > (4,163 > 1,669). Untuk variabel inovasi produk terdapat pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan nilai > (2,900 > 1,669). Berdasarkan hasil uji secara simultan diperoleh nilai > (34,013>2,39), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh trust in brand dan inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel pada Masyarakat Kelurahan Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa dan Damri Batubara
Keywords: trust in brand; inovasi produk; loyalitas pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:19
Last Modified: 20 Oct 2020 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5798

Actions (login required)

View Item View Item