Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian es krim Aice di koperasi Toserba Syariah Al-Falah IAIN Padangsidimpuan

Siregar, Nur Fadhilah (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian es krim Aice di koperasi Toserba Syariah Al-Falah IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah stok persediaan barang yang semakin sedikit dikarenakan pengorderan barang yang mulai jarang membuat konsumen kurang tertarik dalam membeli Es Krim Aice di Koperasi Toserba Syariah Al-Falah IAIN Padangsidimpuan, dan merek Es Krim tersebut yang belum banyak diketahui sebagian konsumen. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah harga, kualitas produk, dan merek berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Es Krim Aice di Koperasi Toserba Syariah Al-Falah IAIN Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga, kualitas produk, dan merek berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Es Krim Aice di Koperasi Toserba Syariah Al-Falah IAIN Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan keputusan konsumen, Keputusan konsumen merupakan tindakan memilih suatu produk diantara beberapa pilihan dengan berbagai pertimbangan yang mempengaruhinya seperti harga, kualitas produk, dan merek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 responden, dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Analisis pengolahan data dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 (Adjusted R Square) sebesar 0,240. Membuktikan bahwa variabel harga, kualitas produk dan merek 24% berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Es Krim Aice pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2017 dan 2018, selain itu 76% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini harga tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen, kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan konsumen, merek tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Hasil uji secara simultan bahwa harga, kualitas produk, dan merek berpengaruh terhadap keputusan konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Kamaluddin dan Nurul Izzah
Keywords: keputusan konsumen; harga; kualitas produk; merek
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 19 Oct 2020 00:44
Last Modified: 19 Oct 2020 00:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5781

Actions (login required)

View Item View Item