Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen On-Do Bakery Padangsidimpuan

Hasibuan, Ali Mukhsin (2019) Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen On-Do Bakery Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah sehubungan dengan banyaknya pesaing dalam memproduksi roti maka pimpinan On-Do Bakery selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas produknya dan memberikan harga yang layak atas produknya, akan tetapi setelah peneliti melakukan wawancara awal, ternyata beberapa konsumen masih kurang puas atas produk On-Do Bakery. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah kontrol kualitas produk dan harga produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kontrol kualitas produk dan harga produk terhadap kepuasan konsumen. Teori yang digunakan adalah teori kualitas, harga, kepuasan. Dimana kualitas dan harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan, yang artinya dengan meningkatkan kualitas produk dan memberikan harga yang sesuai maka kepuasan juga akan meningkat. Sama halnya dengan On-Do Bakery & Cake Shop Padangsidmpuan. Jika kualitas produk meningkat dan harga yang ditawarkan sesuai maka kepuasan konsumnen juga akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket,dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah uji vailditas dan realibilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi (uji t), uji hipotesis simultan (uji F). Dengan menggunakan program SPSS Versi 23.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan KK=1,194+0,206KKP + 1,099Hg dan data R square adalah 0,978 hal ini berarti variabel kualitas produk dan harga mampu menerangkan variabel kepuasan konsumen On-Do Bakery Padangsidimpuan sebesar 97,8%, sedangkan sisanya sebesar 2,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Uji hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan variabel kualitas produk terhadap kepuasan konsumen yang dibuktikan dengan thitung 4,296 > 1,66627 ttabel, maka H1 diterima, harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yang dibuktikan dengan thitung 23,051 > 1,66627 ttabel, maka Ha diterima, artinya harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil uji simultan, Fhitung > Ftabel maka Ha diterima, artinya ada pengaruh antara kualitas dan harga secara bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati,M.A dan Fadli,S.E.I.,M.Sy
Keywords: Kualitas., Harga., Kepuasan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:35
Last Modified: 19 Oct 2020 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item View Item