Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam peningkatan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara

Nurhayati, Nurhayati (2012) Upaya guru dalam peningkatan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara, apa upaya guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara dan apa kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara, untuk mengetahui apa upaya guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan baca tulis alQur’an. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kualitatif deskritip. Yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penelitian yang ditempuh dengan mengamati keadaan sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah dan guru-guru Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, dilaksanakan riset di lapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dekumentasi Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara dengan cara mengajarkan siswa melafalkan huruf hijaiyah, tanda baca syakal mad, tanwin dan tajwid dengan menggunakan metode iqra, al-huda dan demontrasi. Upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Fatah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara adalah mengajarkan cara melafalkan huruf hijaiyah, tanda baca syakal mad, tanwin dan tajwid dan cara melagukan al-Qur’an. Selanjutnya mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan, menerapkan metode mengajar yang bervariasi, memberikan pelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, menyuruh siswa membaca ayat al-Qur’an secara bergiliran, mengevaluasi siswa, memperbanyak latihan menulis aksara Arab, mengajarkan tata cara menulis khat al-Qur’an dan menumbuhkan kompetisi di kalangan siswa. Kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyah Desa Huta Koje Padangsidimpuan Tenggara adalah kurangnya kemampuan dasar siswa dalam membaca, menulis al-Qur’an, minimnya waktu belajar, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, serta kurangnya fasilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Ali Anas Nasution, Lc. MA. dan Hasiah, M.Ag
Keywords: Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:36
Last Modified: 16 Oct 2020 03:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5748

Actions (login required)

View Item View Item