Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manfaat permainan terhadap perkembangan sosial anak usia dini (studi di TK. Al–Ihsan Sibolga)

Nasution, Rahmiyanti (2012) Manfaat permainan terhadap perkembangan sosial anak usia dini (studi di TK. Al–Ihsan Sibolga). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengupas permasalahan tentang manfaat permainan sangat baik bagi perkembangan pisik dan psikis anak. Melalui permainan anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan keluarga dan lingkunagan sekolah. Serta anak-anak dapat menyesuaikan diri dengan teman sebaya dengan cara tukar menukar permainan sesuai dengan alat permainan yang di miliki meraka masing-masing. Akhirnya timbul bagi diri anak sikap bersosialisasi denga orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan terhadap perkembangan sosial anak usia dini di TK Al – Ihsan Sibolga, manfaat permainan terhadap perkembangan sosial anak usia dini di TK Al – Ihsan Sibolga, kendala yang dihadapi terhadap perkembangan sosial anak usia dini di TK Al – Ihsan Sibolga, serta dampak permainan terhadap perkembangan sosial anak usia dini di TK Al – Ihsan Sibolga. Metode penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan analisa kualitatif deskriptif dengan menggunakan riset – riset lapangan dan instrumen pengumpulan data yang diambil wawancara diajukan kepada kepala sekolah dan pihak guru, dan observasi kegiatan bermain anak usia dini. Analisis dilakukan dengan cara menyusun data secara sistematis dan mengorganisasikannya, kemudian menyeleksi dan mendeskripsikannya serta menarik kesimpulan. Pengambilan kesimpulan dengan cara induktif yaitu dari suatu masalah yang sifatnya khusus di simpulkan yang bersifat umum. Dari penelitian yang dilakukan, dapat ditemukan hasil bahwa pelaksanaan permainan yang di lakukan guru sangat mendukung bagi perkembangan sosial anak. Guru memberikan alat-alat sesuai yang di butuhkan, dalam setiap permainan yang akan di mulai, terlebih dahulu guru memberikan berupa bimbingan dan arahan. Maka yang berperan dalam permainan yang di berikan guru adalah anak. Kemudian melalui permainan inilah banyak terdapat manfaat permainan di antaranya dapat bergaul dengan teman-teman. Akhirnya timbul bagi anak rasa sosialisasi yang tinggi. Sedangkan kendala permainan banyak di dapatkan oleh anak, di antaranya timbul perkelahian antara anak-anak. Dan permainan dapat berpengaruh bagi perkembangan pisik dan psikis anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., MA
Keywords: Permainan; Perkembangan Sosial; Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:16
Last Modified: 16 Oct 2020 03:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5744

Actions (login required)

View Item View Item