Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan strategi guru dalam proses belajar mengajar dengan minat belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara

Simamora, Maintan (2012) Hubungan strategi guru dalam proses belajar mengajar dengan minat belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah strategi guru PAI dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara, bagaimanakah minat belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara, apakah ada hubungan yang signifikan strategi guru dalam proses belajar mengajar dengan minat belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi guru PAI SMP Negeri 1 Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara, gambaran minat belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Padanglawas Utara dan hubungan yang signifikan strategi guru dalam proses belajar mengajar dengan minat belajar PAI siswa di SMP Negeri Padang Bolak Kabupaten Padanglawas Utara. Dilihat dari pendekatan analisa data penelitian ini termasuk kepada penelitian kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian sebesar 410 siswa dan sampel penelitian diambil 10% berjumlah 41 siswa. Sampel dalam penelitian ini termasuk proportional random sampling. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data angket dan observasi. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan analisa korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh strategi guru dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Padangbolak berdasarkan perhitungan hasil skor yang diperoleh, secara umum menggambarkan kategori cukup, yaitu mencapai tingkat 67.91 % dari skor ideal. Dari klasifikasi tingkat pencapaian skor ditentukan rentang antara 51-75 % itu termasuk kategori cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Padangbolak termasuk kategori cukup. Minat Belajar siswa PAI di SMP Negeri 1 Padangbolak berdasarkan perhitugan skor data yang diperoleh, secara umum menggambarkan kategori cukup, yaitu mencapai tingkat 70.19 % dari skor ideal. Dari klasifikasi tingkat pencapaian skor ditentukan rentang 51-75% itu termasuk kategori cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minat belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Padangbolak termasuk kategori cukup. Hubungan strategi guru dalam proses belajar mengajar dengan minat belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara memiliki hubungan yang lemah atau rendah. Dengan diperoleh “r hitung” sebesar, 0.4903 dan ditemukan nilai r tabel (rt) sebesar 0.308, dengan demikian nilai rhitung >rtabel untuk tingkat kepercayaan 5 %. Selanjutnya dilakukan uji t hipotesis, α = 0.05 dan n-2 = 39 dengan uji satu pihak; ditemukan t hitung = 3. 5129 dan ttabel = 1.684, maka dapat disimpulkan bahwa t hitung >dari ttabel, maka tolak Ho artinya signifikan. Dengan demikian, hipotesis diterima, yang berbunyi “ terdapat hubungan yang signifikan antara strategi guru dalam proses belajar mengajar dengan minat belajar PAI siswa di SMP Negeri 1 Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Strategi; Minat; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:07
Last Modified: 16 Oct 2020 03:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5743

Actions (login required)

View Item View Item