Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Aman Swalayan Padangsidimpuan

Harahap, Halimah (2019) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Aman Swalayan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya toko retail dan swalayan yang membuat masyarakat semakin kritis dalam memilih tempat pembelajaan yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan demi menciptakan loyalitas pelanggan di kota padangsidimpuan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Dan tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Pelayanan adalah kegiatan yang ditawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada konsumen, yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting karena pelayanan dianggap mampu mempengaruhi minat masyarakat terhadap Swalayan. Loyalitas konsumen lebih menekankan kepada perilaku pembeliannya. Jadi dapat kita simpulkan bahwa loyalitas pelanggan merupakan salah satu tujuan inti yang diupayakan dalam pemasaran modern. Hal ini dikarenakan dengan Loyalitas diharapkan perusahaan akan mendapatkan keuntungan jangka panjang atas hubungan mutualisme yang terjalin dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, menggunakan analisis data dengan persamaan regresi linier sederhana dan didukung oleh uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji liniearitas. Pengolahan datanya dibantu dengan program SPSS versi 22. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 69 orang Responden sedangkan instrument pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (Angket). Hasil uji koefesien determinasi ( ) antara kualitas pelayanan (X) dengan loyalitas konsumen (Y) sebesar 0,658 (65,8%) yang artinya kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 65,8% dan sisanya sebesar 34,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan berdasarkan uji signifikan (uji t) terdapat pengaruh signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dimana > (11,359 >1,667) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa dan Sry Lestari
Keywords: kualitas pelayanan loyalitas konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:10
Last Modified: 16 Oct 2020 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item View Item