Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online (studi kasus mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Siregar, Siti Dayani (2019) Analisi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online (studi kasus mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya pengguna internet dimasyarakat luas, tidak terkecuali pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan yang ditandai dengan meningkatnya minat mahasiswa dalam melakukan pembelian secara online. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan mahasiswa dalam melakukan pembelian secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan dalam melakukan pembelian secara online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keputusan pembelian, harga, promosi, kualitas produk, dan jual beli online. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear berganda, pengambilan sampel secara acak berstrata, dengan jumlah populasi 526 dan sampel 84 prang. Kemudian pengolahan data nya menggunakan perhitungan statistic dengan bantuan program SPSS versi 22. Brdasarkan deskrptif statistik, uji normalitas, uji linearitas, dan analisis regresi linear berganda, dengan uji simultan (f) dan uji parsial (t) kemudian koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai > yaitu sebesar 4,484 > 1.663, sedangkan untuk promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan > yaitu sebesar 7,599 > 1.663, sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan nilai < yaitu sebesar -4,710 < 1,663. Sedangkan secara simultan variabel harga, promosi, dan kualitas produk sama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan hasil perhitungan > yaitu sebesar 31,018 > 2,72. Yang artinya secara simultan harga, promosi, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga, promosi, dan kualitas produk member kontribusi sebesar 53,8% terhadap variabel keputusan pembelian online, selain itu sisanya 46,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa harga, promosi, dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam melakukan pembelian secara online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ikhwanuddin Harahap dan Sry Lestari
Keywords: harga; promosi; kualitas produk; keputusan pembelian
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:48
Last Modified: 15 Oct 2020 07:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item