Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan hasil belajar trigonometri menggunakan strategi active learning tipe guided note taking dengan the power of two pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan

Sari, Wulan (2017) Perbandingan hasil belajar trigonometri menggunakan strategi active learning tipe guided note taking dengan the power of two pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Faktor utama yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar, khususnya pada materi tigonometri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar trigonometri yang diajarkan dengan strategi Active Learning tipe Guided Note Taking dengan pembelajaran tipe The Power of Two pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2016/2017. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontruktivisme. Teori kontruktivisme adalah teori yang mengatakan bahwa belajar itu merupakan proses aktif dari si subyek, belajar untuk merekontruksi makna atau membangun pengetahuannya sendiri. Teori ini didukung oleh teori Vygotsky dan Piaget. Teori Vigotsky mengatakan bahwa dalam proses belajar seorang anak secara tahap demi tahap memperoleh pengetahuan dan keahlian hasil interaksinya dengan orang dewasa (guru, pakar pendidikan) atau teman sebaya yang telah menguasai permasalahannya. Teori Piaget mengatakan bahwa teori ini mengacu pada kegiatan pembelajaran yang harus melibatkan partisipasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Tehnik sampel yang digunakan random sampling. Kelas eksperimen A adalah kelas X Keperawatan-1 dengan strategi tipe Guided Note Taking. Kelas ekperimen B adalah kelas X Keperawatan-2 dengan tipe The Power of Two. Kelas kontrol adalah kelas X Pemasaran-2. Instrumen penelitian ini adaah berupa tes essay. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji-t. Hasil rata-rata nilai pos-tes trigonometri diuji dengan uji t. Berdasarkan uji t yang diperoleh untuk hasil belajar siswa kelas eksperimen A dengan kontrol thitung = 1,870 dan ttabel = 1.673 pada taraf signifikan 5% dengn dk= 55 sehingga thitung > ttabel H0 ditolak sehingga Ha diterima. Untuk uji t yang diperoleh untuk hasil belajar siswa kelas eksperimen B dengan kontrol thitung = 4,840 dan ttabel = 1.671 pada taraf signifikan 5% dengn dk= 58 sehingga thitung > ttabel H0 ditolak sehingga Ha diterima. Untuk uji t yang diperoleh untuk hasil belajar siswa kelas eksperimen A dengan kelas eksperimen B thitung = 1,950 dan ttabel = 1.684 pada taraf signifikan 5% dengn dk= 49 sehingga thitung > ttabel H0 ditolak sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar trigonometri yang diajarkan dengan strategi Active Leaning tipe Guided Note Taking dengan The Power of Two. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi Active Learning tipe The Power of Two lebih baik dari hasil belajar yang diajarkan dengan strategi Active Leaning tipe Guided Note Taking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asnah dan Almira Amir
Keywords: hasil belajar; guided note taking; the power of two
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:00
Last Modified: 15 Oct 2020 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5722

Actions (login required)

View Item View Item