Lisnawati, Lisnawati (2017) Upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak di MTs N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0221.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah masalah yang dihadapi guru untuk meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak yaitu persoalan pembelajaran ialah manajemen kelas yang kurang dikuasai oleh guru. Di akibatkan kurangnya memenuhi faktor manajemen kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pembelajaran aqidah akhlak, apa yang menjadi penyebab rendahnya pembelajaran aqidah akhlak dan bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pembelajaran aqidah akhlak, untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab rendahnya pembelajaran aqidah akhlak, untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan Islam. Dengan itu pendekatan yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengertian guru PAI, Teori-teori belajar menurut para ahli, proses pembelajaran aqidah akhlak, faktor-faktor penyebab pembelajaran PAI rendah, upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak, macam-macam pembagian akhlak. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara deskriftif dengan menggunakan filed research di lapangan dan teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Sumber data adalah primer dan sekunder, analisis data yang dengan menggunakan langkah editing data, reduksi data, penyajian data dan Triangulasi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa gambaran pembelajaran aqidah akhlak sudah dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran berlangsung di ruang kelas yaitu dengan membuka pelajaran, kegiatan inti dan penutup. Serta penyebab rendahnya pembelajaran aqidah akhlak yaitu dari segi pengelolaan kelas, keterbatasan sumber materi pembelajaran, kelemahan menggunakan metode, dan evaluasi tidak mencapai dalam pembelajaran aqidah akhlak. Adapun upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak adalah menciptakan kondisi belajar yang optimal, menggunakan metode menciptakan belajar aktif, dan memberikan hukuman berupa remedial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nasruddin Hasibuan dan Akhiril Pane |
Keywords: | pendidikan Islam; guru; aqidah akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 03:20 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 03:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5719 |
Actions (login required)
View Item |