Indarsiah, Indarsiah (2017) Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 6 Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0217.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi hasil belajar SKI masih rendah, penghayatan peserta didik terhadap SKI kurang, anggapan bahwa hanya hafalan belaka, apersiasi siswa terhadap kebudayaan masih rendah dan proses pembelajaran guru masih menggunakan metode yang monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana perencanaan, pelaksansanaan, evaluasi, dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran SKI di MA Muhammadiyah 6 Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten. Mandailing Natal ?, sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksansanaan, evaluasi, dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran SKI di MA Muhammadiyah 6 Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten. Mandailing Natal. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Pendidikan Agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan evaluasi pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru SKI, dengan pelengkap kepala sekolah, Waka Kurikulum, dan siswa di MA Muhammadiyah 6 Kotanopan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah menelaah seluruh data, kemudian menafsirkan data, selanjutnya membuat kesimpulan dengan merangkum urain dalam kalimat yang singkat dan padat. Penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 6 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal dengan gambaran guru merumuskan kompetensi dasar sesuai dengan kebutuhan siswa, menyusun RPP, mengembangkan silabus. Dalam pelaksanaan pembelajaran SKI dengan gambaran bahwa guru berpedoman kepada RPP, menggunakan metode dan media pembelajaran, memperhatikan dan menekankan gaya belajar siswa, menggunakan alokasi waktu dengan tepat. Evaluasi pembelajaran SKI dengan gambaran guru menggunakan beberapa alat untuk mengevaluasi siswa seperti penugasan, PR, lisan, tulisan, ulangan harian, untuk ulangan harian guru mengadakan 3 kali untuk satu semester,dan melaksanakan remedial bagi siswa yang belum mencapai KKM. Pendukung pembelajaran SKI dengan gambaran adalah RPP dan silabus,buku paket atau media-media sumber lainnya dan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya bahan, alat dan sumber pembelajaran, guru ini tidak mempunyai trik dan kiat atau tips dalam metode pembelajaran, guru tidak bisa menciptakan pembelajaran sesuai dengan PAKEM, dan guru kurang menguasai kurikulum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Erawadi dan Muhlison |
Keywords: | pembelajaran; sejarah kebudayaan Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 03:11 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 03:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5718 |
Actions (login required)
View Item |