Pane, Zakiyah Nur (2017) Upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MIN Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0207.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah yang dihadapi oleh guru BTQ dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negei (MIN) Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Terlihat bahwa masih banyak siswa yang kurang mampu dalam membaca al-Qur’an dengan baik dan benar oleh karena itu diperlukan upaya guru dalam peningkatan membaca al-Qur’an sehingga siswa dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar .Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Panobasan, apa upaya guru dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an di Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Panobasan dan apa kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Panobasan. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an di Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Panobasan, untuk mengetahui apa upaya guru dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Panobasan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an di Madrasah IbtidaiyahNegeri (MIN) Panobasan. Pembahasan penelitian ini berkaitan pentingnya belajar membaca al-Qur’an, dan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Panobasan Kecamatan Angkola Barat KabupatenTapanuli Selatan. Metodologi Penelitian ini adalah kualitatif deksriptif.Yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penelitian yang ditempuh dengan mengamati keadaan sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Panobasan dan guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Panobasan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, dilaksanakan riset di lapangan dengan menggunakan instrume pengumpulan data yang terdir dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an di MIN Panobasan dengan cara mengajarkan siswa melafalkan huruf hijaiyah, tanda baca syakal mad, tanwin dan tajwid dengan menggunakan metode iqra’ dan al-huda. Upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an adalah menanamkan rasa kecintaan kepada al-Qur’an agar termotivasi dalam membaca al-Qur’an dengan baik, mengajarkan siswa melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar, mengajarkan kepada siswa tentang melagukan al-Qur’an, mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya, mengajarkan siswa dengan metode mengajar yang bervariasi, memberikan perhatian kepada siswa, menumbuhkan kompetisi di kalangan siswa, menggunakan metode, mengevaluasi siswa membaca al-Qur’an. Kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MIN Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan adalah kurangnya kemampuan dasar siswa dalam membaca al-Qur’an, minimnya waktu belajar, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa serta kurangnya fasilitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Sattar Daulay dan Muhammad Yusuf Pulungan |
Keywords: | pendidikan Islam; Al-Qur’an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 02:58 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 02:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5716 |
Actions (login required)
View Item |